Mahkamah Agung Abaikan Rekomendasi Komisi Yudisial

  • Whatsapp
MAHKAMAH AGUNG ABAIKAN REKOMENDASI KOMISI YUDISIAL. KOK BISA 768x550 1 e1580208111548

Garisatu.com Komisi Yudisial Republik Indonesia (KY) menyatakan selama tahun 2019 telah menindaklanjuti 478 laporan. Namun masih ada rekomendasi sanksi dari KY yang tidak ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agug (MA).

 

Bacaan Lainnya

KY mencatat 98 diantaranya laporan yang diregister pada tahun 2019. Selebihnya 380 diregister dibawah tahun 2019. Berdasarkan laporan pengaduan masyarakat tersebut, KY menjatuhkan sanksi ringan kepada 91 hakim.

Sedangkan 31 hakim diganjar sanksi sedang dan 8 hakim lainnya dengan sanksi berat. Semua hakim dimaksud terbukti melanggar kode etik pedoman perilaku hakim (KEPPH).Sanksi sedang yang dimaksud KY adalah pengenaan sanksi non palu.

Penanganan Laporan Masyarakat KY
Grafik Kinerja KY

Kepada hakim yang dikenakan sanksi sedang diantaranya 2 hakim divonis dua bulan non palu. Kemudian ada 6 hakim disanksi non palu selama enam bulan. Penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun juga ditimpakan terhadap 14 hakim.

Karena itu 4 hakim ditunda kenaikan pangkatnya sepanjang satu tahun. Berikutnya penundaan kenaikan gaji berkala bagi 1 hakim. Lantas KY juga memutuskan 3 hakim diberi sanksi penurunan gaji sebesar satu kali kenaikan gaji berkala selama satu tahun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *