Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

  • Whatsapp
Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut
Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Garisatu.com – Makan pedas tentu menjadi hobi bagi beberapa orang di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, makanan kerap dihidangkan dengan cita rasa pedas dan tersedia sambal sambal khas Nusantara yang nikmat dan nendang pedasnya. Meskipun pedas, namun biasanya kita akan merasa ketagihan sehingga mau lagi dan lagi.

Akan tetapi hal yang tidak kita suka adalah biasanya perut akan terasa panas dan sakit akibat makan makanan pedas, selain itu, pada saat buang air besar pun akan terasa sakit bagi sebagian orang.

Bacaan Lainnya
Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Nah, buat kamu si penggemar makanan pedas, dibawah ini ada beberapa tips untuk mengurangi rasa pedas saat kamu memakannya. 

1. Minum air putih hangat 

Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Ketika memakan makanan pedas, seringkali kita tersiksa karena lidah yang terasa panas terbakar. Hal ini biasanya membuat kenikmatan dari makanan pedas ini sedikit menurun. Untuk menetralisir hal ini, cobalah untuk meminum air putih hangat.

Dibanding minuman lain, air hangat terbukti lebih ampuh untuk membersihkan zat-zat penyebab pedas yang ada pada lidah. Setelah rasa pedas sudah mulai hilang, kamu bisa lanjut menikmati makanan pedas favoritmu.

2. Makan nasi putih untuk mengurangi pedas 

Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Nasi selain menjadi item yang wajib bagi orang Indonesia saat makan, bisa juga digunakan untuk mengakali rasa pedas pada makananmu. Karbohidrat yang terkandung dalam nasi dapat membantu mengatasi rasa pedas yang ada pada lidah. Cobalah untuk memakan sedikit nasi ketika kamu merasa kepedasan. Triknya adalah kunyah nasi secara perlahan dapat membantu mengurangi rasa pedas pada lidah.

3. Sedia tissue atau handuk 

Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Keringat akan sangat mengganggu dan tidak nyaman jika kamu sedang menikmati makanan pedasmu. Biasanya kita akan bercucuran keringat yang banyak sehingga membuat tidak nyaman, apalagi jika kamu makan di ruangan yang bersuhu panas, tudak hanya badan yang merasa gerah, rasa pedas itu sendiri pun akan terasa lebih membakar.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya selalu sediakan tisu atau handuk di dekat meja makan kamu. Ketika kamu merasa keringat mulai bercucuran, kamu bisa langsung menyeka keringatmu dengan tissue atau handuk yang tersedia. Dengan ini, sesi makan pedas kamu akan lebih nikmat tanpa khawatir tentang penampilan kamu yang terganggu karena keringat.

4. Konsumsi cokelat 

Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Rasa manis dari cokelat akan membantu meredakan panas di lidah kamu. Terkadang meskipun sudah minum banyak air, rasa pedas ini tetap sulit untuk hilang. Ketika hal ini terjadi, kamu bisa coba mengkonsumsi cokelat untuk menghilangkan rasa pedas itu. Untuk hasil yang lebih maksimal, konsumsi cokelat dengan jenis dark chocolate.

Karena dark chocolate memiliki cita rasa manis dan pahit yang dapat menyamarkan rasa pedas pada lidah. Dengan ini rasa pedas kamu akan hilang dan diganti dengan rasa manis dari cokelat. Namun, perlu diperhatikan untuk mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang tidak banyak supaya meminimalisir resiko sakit perut. 

Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

5. Jangan makan pedas ketika perut kosong 

Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Mengonsumsi makanan pedas ketika perut kosong sebaiknya kamu hindari. Perut yang kosong akan kaget ketika tiba-tiba diisi dengan makanan pedas. Hal ini akan menyebabkan asam lambung naik dan memberi rasa sakit pada perut yang dapat membahayakan.

Beberapa orang pun sudah pernah mengalami kejadian seperti ini, tentu kamu tidak ingin makan pedas berujung fatal bukan? Jadi sebaiknya konsumsi makanan lain terlebih dulu sebelum kamu mengonsumsi makanan pedas ya. 

6. Minum susu, makan eskrim, atau keju 

Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Kebanyakan orang akan lebih memilih meminum air es sebanyak-banyaknya ketika makan pedas. Hal itu keliru. Menurut jurnal yang dipublikasikan di American Chemical Society, air es tidak dapat menetralkan capsaicin. Air es justru membuat Anda semakin kepedasan.

Anda lebih disarankan minum susu atau produk berbasis susu seperti es krim, atau makan keju ketika makan pedas.

Susu atau produk olahannya mengandung kesein. Molekul ini dapat menetralkan capsaicin. Kinerja susu dalam menetralkan makanan pedas mirip seperti sabun cuci piring untuk membersihkan minyak di piring.

7. Konsumsi minuman manis, air lemon, pisang, atau alpukat 

Life Hacks: Makan Pedas Tapi Tidak Sakit Perut

Dilansir dari NDTV, meminum minuman manis yang sudah ditambahkan gula atau madu dapat membantu menghilangkan sensasi pedas. Pilihan lain yang lebih ramah kadar gula adalah buah-buahan. Anda bisa minum jus buah tanpa gula. Selain itu, air perasan lemon atau buah buahan yang memiliki tekstur lembut seperti pisang dan alpukat juga dapat menetralkan capsaicin. 

Tips diatas merupakan cara cara mengatasi rasa pedas dan meminimalisir sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *