Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

  • Whatsapp
Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar
Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

Garisatu.com – Mungkin bagi sebagian orang akan dengan senang hati memulai harinya dengan melakukan peregangan dan mengerjakan pekerjaan tanpa batas waktu dan istirahat. Tetapi ada juga sebagian orang yang merasa kesulitan dalam melakukan rutinitas saat alarmnya sudah berbunyi. Biasanya saat kita membuka mata hal pertama yang kita inginkan ialah melanjutkan tidur. Tetapi bagaimanapun juga realita tetap harus dihadapi, sehingga kita ‘memaksa’ diri untuk bangun dan beraktifitas.

Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

Tidak sedikit dari kita yang kemudian menjadi malas dan tidak semangat dalam menjalani hari. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan beberapa peregangan terlebih dahulu sebelum memulai harimu.

Bacaan Lainnya
Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

Tidak perlu terburu buru menuju kamar mandi jika anda baru saja bangu tidur, ada baiknya meluangkan sedikit waktu untuk melakukan peregangan supaya tubuh terasa lebih segar sebelum memulai aktifitas.

Rutinitas peregangan yang sederhana pada pagi hari juga bisa membantu melawan rasa nyeri dan sakit. Berikut ini adalah beberapa Gerakan peregangan yang bisa dilakukan di pagi hari.

1.         Gentle neck rolls

Terkadang kita bisa tertidur dengan posisi yang salah atau kita berpindah posisi tanpa disadari saat kita tidur.

Terutama jika kamu sedang WFH, kamu kemungkinan besar akan duduk seharian di depan computer dan ini kemudian membuat bagian punggung atau pinggang kamu mudah terasa pegal.

Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

Melakukan peregangan gentle neck rolls ini sangat penting untuk dilakukan. Kamu juga tidak membutuhkan alat atau apapun sebab peregangan ini sangat mudah dilakukan.

Kamu cukup duduk dikursi, kemudian tundukkan kepala hingga dagu menempel pada dada dan putar leher dengan lembut dari satu sisi ke sisi lain selama 30 detik hingga satu menit, atau lima smapai enam kali pada setiap sisi.

2.         Standing side bends

Peregangan yang satu ini dilakukan dengan posisi kamu berdiri. Pastikan kamu berdiri dengan nyaman, lalu lakukan beberapa side bends dengan meraih satu lengan ke satu sisi, letakkan tangan lalu angkat lengan lainnya keatas untuk menekuk sisi bagian dalam.

Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

Kamu juga bisa bermain dengan posisi leher, yakni mengayunkan dagu ke bahu dan punggung.

Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

3.         Seated spinal twists

Peregangan yang satu ini dilakukan dalam posisi duduk, kamu bisa duduk diatas matras supaya lebih nyaman.

Setelah kamu berhasil duduk denga nyaman, posisikan bagian telapak kaki kanan menyentuh lantai dan bagian belakang telapak kaki sejajar dengan lutut kaki.

Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

Kemudian lanjutkan dengan meletakkan telapak tangan kanan di bagian belakang bokong sebelah kanan, dengan siku tangan kiri sedikit menekan lutut kanan kea rah kiri tubuh, lalu hadapkan kepala ke arah bahu kanan.

Lakukan posisi ini sambil melakukan lima tarikan napas dan ganti kaki kemudian ulangi gerakannya.

Gerakan ini bisa membantu system pencernaan kamu supaya bekerja dan membawa beberapa Gerakan ke tubuh kamu.

4.         Cat cow

Cat cow termasuk kedalam latihan peregangan yang bagus dilakukan pada pagi hari. Gerakan ini bisa dilakukan mulai dari posisi merangkak dan lakukan diatas matras.

Posisikan tubuhmu dengan bertumpu pada kedua tangan dan lutut diatas matras, kemudian lengkungkan tubuh (bagian perut) ke arah atas dengan posisi kepala juga mendongak ke atas, kemudian tahan posisi ini selama beberapa detik.

Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

Kemudian lakukan kembali Gerakan yang sama, hanya saja kali ini posisi tubuh melengkung ke bagian bawah, dan menundukkan kepala ke bagian dalam.

Ketika tubuh melengkung ke bagian atas, maka kamu menarik napas, dan jika tuuh melengkung ke bagian bawah, maka kamu menghembus napas.

5.         Dead bugs

Peregangan yang satu ini untuk membantu memperkuat bagian inti tubuh dan menstabilkan panggul ketika kamu bergerak. Berbaringlah dengan punggung yang rata di atas matras dan angkat lengan ke atas dengan posisi lurus serta kedua kaki diangkat dalam posisi menekuk.

Lakukan Peregangan Ini Untuk Memulai Hari Yang Segar

Lalu rentangkan lengan kanan dengan lembut tepat di belakang kepala dan posisi kaki kiri lurus. Pastikan punggung tetap rata di atas matras dan kembalikan lengan dan kaki ke posisi netral. Ulangi sisi lain selama 10 repitisi di setiap sisi.

Itulah beberapa Gerakan peregangan yang bisa kamu lakukan pada pagi hari.

Melakukan peregangan tidak hanya membantu menyegarkan tubuh, namun juga bisa menyelaraskan tubuh supaya dapat bergerak dan berfungsi dengan lebih efisien serta membantu dalam pembentukan struktur otot.

Peningkatan sirkulasi darah dengan melakukan peregangan dapat memperlancar aliran darah menuju otot dan otak sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Peregangan di pagi hari juga bermanfaat untuk mengatasi masalah nyeri dan kaku akibat posisi tidur yang salah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *