Kominfo Akan Blok HP BM: Skema Whitelist 2020

  • Whatsapp
Kominfo Akan Blok HP BM: Skema Whitelist 2020

Garisatu.com – Skema pemblokiran ponsel Black Market (BM) telah diputuskan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) akan menerapkan skema whitelist dalam penerapan aturan pemblokiran ponsel ilegal lewat nomor IMEI.

Kebijakan tersebut diputuskan setelah rapat tertutup antara Kominfo, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan operator seluler yang dijalankan saat Jumat (28/02/2020), ungkap DR. IR. Ismail MT, Ditjen SDPPI Kominfo.

Bacaan Lainnya

Dalam konklusi, pemerintah akan memblokir ponsel BM yang ada di Indonesia dengan melaksanakan skema whitelist.

“Pemerintah berkomitmen untuk melaksanakan proses pembatasan penggunaan perangkat bergerak yang tersambung melalui jaringan seluler melalui pengendalian IMEI sesuai dengan peraturan tiga kementerian yang berlaku, yaitu terhitung mulai tanggal 18 April 2020 dengan skema whitelist,” ujar Pak Ismail di Kantor Kominfo pada Jumat (28/02/2020).

Hasil gambar untuk kominfo

Lalu Pak Ismail meminta kepada masyarakat untuk mengecek IMEI Handphone sebelum membeli. Tidak hanya Handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKT) juga. Masyarakat dapat mengecek perangkat baru yang ingin dibeli ke situs Kementerian Perindustrian, imei.kemenperin.go.id. agar dapat mengetahui jika perangkat yang akan dibeli adalah produk resmi atau bukan.

“Sebelum melakukan pembelian perangkat HKT, baik melalui toko maupun online,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah pun sudah coba menimbangkan perencanaan tentang skema yang cocok untuk penerapan aturan IMEI. Terdapat 2 skema yang dipertimbangkan, yaitu Blacklist dan Whitelist.

Dengan metode Blacklist, perangkat yang terdeteksi ilegal atau produk BM akan dikirim pesan bahwa perangkatnya ilegal. Lainnya, dengan skema Whitelist, perangkat ilegal atau produk BM tidak akan dapat menangkap sinyal atau layanan telekomunikasi ketika aturan IMEI diterapkan.

Lalu, uji cobanya dilaksanakan saat 17 Februari 2020 sampai dengan 18 Februari 2020. Hal ini dilaksanakan bersama dengan mitra operator yaitu Telkomsel dan XL Axiata. Kerjasama ini memiliki tujuan untuk melaksanakan uji coba pemblokiran sinyal dengan kedua skema tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *