Ketua MA Gelar #MARImendengar Permasalahan Sidang Online Perkara Pidana

  • Whatsapp
Ketua MA Gelar #MARImendengar Permasalahan Sidang Online Perkara Pidana

Garisatu.com – Pada Senin (8/6) lalu, Ketua Mahkamah Agung Dr. H. M. Syariffudin, SH.,MH, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial Dr. Sunarto, SH.,MH, didampingi para ketua Kamar serta sekretaris Mahkamah Agung menggelar acara #MARImendengar dari ruang Command Center Mahkamah Agung (MA).

Berbeda dengan acara serupa sebelum pandemi COVID-19, kali ini #MARImendengar dilaksanakan secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut Ketua MA hendak mendengar dan memperoleh saran dan masukan berkenaan dengan permasalahan yang kerap terjadi dalam pelaksanaan sidang online perkara-perkara pidana ditengah situasi mewabahnya virus Corona.

Acara ini diikuti oleh Kejaksaan Agung, Kemenkumham, Kejaksaan Negeri, Lembaga Pemasyarakatan, Bappenas, perwakilan dari beberapa Lembaga Bantuan Hukum (LBH), organisasi non pemerintah (LSM).

Permasalahan dan masukan dari para peserta tersebut akan dibahas oleh Kelompok Kerja (pokja) yang sedang menyusun aturan tentang mekanisme e-litigasi perkara pidana.

#MARImendengar merupakan salah satu upaya badan yudikatif di tanah air itu dalam rangka melaksanakan reformasi birokrasi.

Melalui program tersebut MA bermaksud untuk menyerap aspirasi dari berbagai pihak atau stakeholders. Sehingga nantinya akan terbangun kepercayaan publik terhadap badan peradilan.

Selain itu #MARImendengar adalah wujud dari implementasi atas terbentuknya Kelompok Kerja Percepatan Peningkatan Kepercayaan Publik berdasarkan SK Ketua Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2019 silam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *