Kesepian Bisa Buat Depresi! ini Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Kesepian Bisa Buat Depresi! ini Cara Mengatasinya
Kesepian Bisa Buat Depresi! ini Cara Mengatasinya

Garisatu.com – Kesepian bisa membuat depresi? Kebijakan work from home kembali harus diterapkan karena pandemic yang belum berakhir ini. Kebijakan ini pun membawa keuntungan dan kerugian tersendiri bagi masing masing orang. Sebagian orang bersyukur dengan adanya work from home, mereka bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk menemani keluarga dan pekerjaan juga sedikit lebih ringan. Sedangkan untuk kaum perantau atau yang hidup sendiri, mungkin ini kabar work from home bisa menjadi kabar menyedihkan karena kesepian.

Sebab mereka hanya hidup sendiri, tanpa partner, sehingga tempat kerja merupakan salah satu tempat mereka untuk bersosialisasi. Terus terusan dirumah sendirian tentu akan menimbulkan rasa kesepian. Perasaan seperti ini kemudian bisa menumbuhkan rasa stress dan depresi.

Bacaan Lainnya

Kesepian bukan hanya disebabkan oleh factor fisik seseorang yang tidak bisa terhubung atau terkoneksi dengan orang lain, namun rasa kesepian ini lebih mengarah pada pola pikir atau kondisi mental yang merasa tidak terkoneksi dengan orang lain.

Kesepian Bisa Buat Depresi! ini Cara Mengatasinya

Orang orang yang merasa kesepian umumnya merasa kosong, sendiri, merasa tidak diinginkan oleh orang lain, dan merasa tidak memiliki siapapun untuk bersandar. Padahal dalam faktanya, belum tentu demikian.

Perasaan seperti ini tentu harus ditangani, sebab jika tidak bisa berdampak pada Kesehatan mental yang semakin mendalam. Jika kamu sedang hidup sendiri dan mulai merasakan kesepian, cobalah untuk keluar dari zona itu perlahan dan membangun koneksi dengan orang lain.

Terhubung dengan orang lain tidak harus selalu bertatap muka, dengan adanya teknologi yang canggih, kamu bahkan bisa mengakses temanmu yang berada di benua yang berbeda denganmu hanya dengan sekali klik saja. Video call atau sekedar berchatting dengan teman dan keluarga bisa mengalihkan perasaan kesepianmu dan bisa membuat mu semangat kembali.

Hidup sendiri memang bisa berdampak positif dan negative kembali kepada pribadi masing masing. Namun jika seseorang yang hidup sendiri sudah mulai merasa kesepian, maka bisa memicu beberapa factor lain seperti rasa tidak percaya diri, stress, depresi, hingga berfikir untuk bunuh diri. Dampak ini mungkin akan berbeda berdasarkan tingkat rasa kesepian yang dialami oleh masing masing individu.

Jika dilihat lebih luas lagi, kesepian bisa menimbulkan efek efek negative seperi :

–           Penyalahgunaan obat obatan terlarang atau alcohol

Kesepian Bisa Buat Depresi! ini Cara Mengatasinya

–           Perilaku antisosial

–           Menurunnya kemampuan otak dalam mengingat atau mempelajari hal hal baru

–           Meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke

–           Meningkatkan level stress

–           Tidak bisa memutuskan sesuatu dengan tepat

–           Kelainan fungsi otak

–           Dan penyakit Alzheimer

Kesepian Bisa Buat Depresi! ini Cara Mengatasinya

Jangan mudah putus asa dan menyerah jika kamu sedang tidak bisa bertemu dengan teman teman atau keluarga akibat situasi pandemic ini. Sebab kamu tetap bisa terhubung dengan mereka menggunakan car acara seperti dibawah ini :

1.         Memanfaatkan teknologi

Kesepian Bisa Buat Depresi! ini Cara Mengatasinya

Seperti yang sudah dijelaskan, perkembangan teknologi yang pesat membuat kita bisa menjalin kontak jarak jauh dengan orang orang terkasih melalui aplikasi seperti Zoom, Whatsapp, Skype, Facebook messenger, dan masih banyak lagi.

2.         Streaming film bersama

Ajaklah salah satu teman dekatmu untuk datang menginap dan menghabiskan waktu bersama, salah satunya kalian bisa melakukan streaming film bersama sambil menikmati popcorn atau camilan lain. Ini bisa membantu menghilangkan rasa kesepianmu.

3.         Curhat kepada orangtua, pasangan, atau teman

Kesepian Bisa Buat Depresi! ini Cara Mengatasinya

Ketika kamu merasa kesepian, jangan ragu untuk mencari orang tua, teman, atau pasangan. Jadikan mereka sebagai tempat keluh kesah mu atau tempat curhat kamu untuk menumpahkan perasaan kamu.

Perasaan kesepian yang ditimbun sendiri lama kelamaan bisa menimbulkan efek negative, maka dari itu, sebaiknya komunikasikan . Dengan mengkomunikasikannya maka kamu bisa merasa lebih tenang juga.

4.         Melakukan hobi

Menghubungi teman dan keluarga memang bis akita lakukan, hanya saja kita tetaptidka bisa selama 24 jam terhubung dengn mereka sebab masing masing memiliki kesibukan.

Jika kamu memiliki waktu luang, usahakan sebisa mungkin untuk mengisi waktu luangmu dengan melakukan hobi hobi kamu. seperti baking, memasak, membaca, menonton, mendengar lagu, berjalan sore, olahraga, hingga bermain game.

Melakukan hobimu akan membuat waktu terasa lebih cepat dan juga kamu tidak memiliki waktu untuk merenungkan nasibmu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *