Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

  • Whatsapp
Kesalahan Make Up Yang Sering Dilakukan
Kesalahan Make Up Yang Sering Dilakukan

Garisatu.com – Merias wajah menjadi kebutuhan kaum hawa untuk mendukung penampilan dan mempercantik wajah. Namun, masih banyak beberapa kebiasaan yang tidak diperhatikan atau jarang diperhatikan pada saat menggunakan makeup.

Padahal, kebiasaan ini bisa menimbulkan beberapa masalah yang tentu tidak kamu inginkan. Simak beberapa kesalahan makeup yang sering kita lewatkan dibawah ini:

Bacaan Lainnya

1. Menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi 

Kesalahan Make Up Yang Sering Dilakukan

Menggunakan sunscreen atau tabir surya memang sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Biasanya kita akan memilih kandungan SPF yang tinggi supaya bisa melindungi kulit dengan optimal, namun tahukah kamu bahwa kandungan SPF yang terlalu tinggi juga tidak baik bagi kulit lho.

Menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi tidak dianjurkan sebab kamu tetap harus mengoleskan sunscreen setiap 2-3 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan yang optimal.

Menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 50 tidak berarti kamu akan terhindar dari sinar matahari selama seharian. 

2. Tidak menghapus makeup sebelum tidur

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Kebiasaan yang satu ini kerap menjadi masalah beberapa orang. Setelah aktifitas seharian membuat kita Lelah sehingga pada saat pulang kerumah rasanya ingin langsung berbaring dikasur dan melupakan makeup yang masih menempel di wajah.

Padahal kamu disarankan untuk langsung membersihkan muka dan juga menghapus makeup setelah beraktifitas. Sebab make up yang menempel terlalu lama Sudha tercampur dengan polusi, asap, dan keringat sehingga bisa menimbulkan pertumbuhan bakteri di wajah.

Tidak membersihkan makeup juga bisa membuat pori pori wajah tersumbat oleh kotoran, minyak, dan make up itu sendiri. Kemudian bisa memicu pertumbuhan jerawat yang tidak diinginkan.  

3. Menggosok wajah dengan kasar saat menghapus make up 

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Dalam menghapus makeup kamu juga perlu memperhatikan cara pembersihannya. Sebaiknya kamu menggunakan kapas yang dibasahi dengan cairan pembersih lalu usap secara lembut dan merata ke seluruh bagian wajah sehingga make up bisa terangkat, kamu bisa melakukannya beberapa kali untuk memastikan semua make up sudah terangkat dari wajahmu.

Menggosok wajah dengan keras saat menghapus make up sangat tidak direkomendasikan sebab dari gesekan yang timbul antara kapas dan kulit bisa membuat kulit iritasi dan kehilangan kelembaban alami kulit. 

4. Tidak menggunakan pelembab 

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Banyak orang yang melewati langkah satu ini. ada yang berasumsi bahwa wajah mereka tidak termasuk kategori kulit kering, atau bahkan wajah mereka merupakan tipikal kulit berminyak sehingga tidak lagi membutuhkan pelembab, padahal, pelembab tetap dibutuhkan baik bagi kulit wajah kering, sensitive, ataupun berminyak.

Pelembab selain menghidrasi wajah namun juga bisa membuat tekstur wajah lebih halus dan lembut sehingga make up bisa menempel lebih lama di kulit kamu. 

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

5. Tidak membiarkan foundation mengering 

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Kesalahan lainnya pada saat make up adalah terlalu cepat menumpuk foundation dengan produk lain. Sebaiknya kamu menunggu foundation atau produk lain untuk menyerap ke kulit terlebih dahulu baru mengaplikasikan produk lainnya.

Ini bertujuan supaya kulit dapat menyerap produk dengan baik, dengan begitu, produk yang kamu gunakan juga akan memberikan hasil yang maksimal. 

6. Melupakan perawatan bibir 

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Jangan lupa bahwa bibir juga merupakan bagian yang harus dirawat selain kulit wajah. Penggunaan lipstick yang terlalu sering dan gonta ganti lipstick bisa membuat kulit bibir tampak lebih gelap, bahkan membuat bibir kering. Setidaknya, gunakan pelembab bibir pada saat ingin beraktifitas atau malam hari sebelum tidur untuk tetap menjaga bibir terhidrasi. 

7. Menggunakan make up sepanjang hari

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Meskipun produk make up kamu mengklaim bahwa ia tahan seharian, bukan berarti kamu harus menggunakannya seharian penuh. Membiarkan kulit yang ditumpuk oleh make up dalam jangka waktu yang lama akan membuat pori pori tersumbat, bisa memicu masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan bahkan bisa merusak kulit karena kulit tidak memiliki waktu untuk ‘bernafas’. 

8. Tidak mencuci kuas makeup secara teratur 

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Kuas make up merupakan salah satu aplikator yang digunakan untuk mempermudah pengaplikasian produk make up ke wajah. Orang sering melupakan pentingnya menjaga kehigenisan dari kuas make up mereka.

Kamu harus secara rutin membersihkan kuas make up, karena tumpukan make up yang menempel pada kuas tidak hanya akan merusak kuas, namun juga bisa menjadi tempat tumbuh kembang bakteri.

Dan bakteri itu bisa menempel pada kulit pada saat kamu menggunakan kuas yang tidak dicuci secara teratur. 

9. Menggunakan makeup kadaluarsa 

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Banyak orang yang tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa pada produk yang mereka gunakan, padahal, bisa saja kandungan di dalamnya membahayakan kulit jika produk sudah kadaluarsa.

Setiap produk makeup pun memiliki masa kadaluarsa yang berbeda beda. Misalnya, maskara hanya bisa bertahan 3-6 bulan, foundation cair bertahan maksimal 6 bulan, eyeliner gel bisa bertahan hingga 1 tahun, dan bedak bisa bertahan maksimal 2 tahun.

10. Menggunakan foundation berlebihan 

Kesalahan MakeUp Yang Sering Dilakukan

Seringkali kita melapis lapiskan foundation di wajah untuk mendapatkan tingkat coverage yang tinggi. Padahal, hal ini merupakan salah. Melapis lapiskan foundation malah akan membuat make up kita terasa tebal dan menutupi pori pori.

Jika kamu menginginkan tingkat coverage yang lebih tinggi, kamu bisa langsung membeli foundation dengan tingkat coverage yang kamu inginkan. Bukan melapis lapiskan foundation. 

Itu dia kesalahan kesalahan dalam make up yang sering dilakukan tanpa kita sadari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *