Kepergian William Bill English 2020, Sang Penemu Mouse Komputer

  • Whatsapp
Kepergian William Bill English 2020, Sang Penemu Mouse Komputer

Garisatu.com – Per Minggu (26/7), peneliti sekaligus pelopor mouse komputer pertama di dunia, William ‘Bill’ English dinyatakan telah meninggal dunia tepat di usia ke-91 di San Rafael, California.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh istrinya, Roberta English. Menurut Roberta, penyebab kematian mendiang suaminya yaitu gagal napas.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi dari Engadget, dulu William berkolaborasi dengan Douglas Engelbart di Institut Penelitian Stanford (SRI) untuk mulai mengembangkan mouse komputer pertama.

Tidak hanya itu, sejak tahun 1968 mereka telah mengumpulkan banyak penelitian ‘The mother of all demos‘.

Untuk diketahui, William English merupakan pria kelahiran Kota Lexington, Amerika Serikat. Ia lahir pada 27 Januari 1929 silam.

Ayahnya merupakan seorang insinyur listrik yang mengelola tambang batu bara di Kentucky timur dan Virginia Barat, dan Ibunya mengurus rumah tangga.

Menurut New York Times, William pergi ke Arizona untuk melanjutkan studinya dalam sebuah sekolah dengan konsep asrama pada awal tahun 1940-an, setelah pecahnya Perang Dunia II.

Usai tamat sekolah, ia kembali ke kampung halamannya dan belajar teknik listrik di University of Kentucky.

Kemudian ia pergi ke SRI, dan mulai mempelajari beragam komputasi dengan keahlian kelistrikannya.

Pada pertengahan tahun 1960-an ia bertemu dengan Engelbart, dan mulai mengeksekusi ‘sketsa’ Engelbart ke dalam sebuah percobaan.

Saat itu William membangun konsep mouse dengan potensiometer, sebuah perangkat yang terdiri dari dua mekanisme listrik. Fungsinya yakni untuk melacak pergerakan ‘roda kursor’ saat bergerak melintasi layar desktop.

Lalu penemuan itu dinamakan ‘mouse‘ karena kursor di layar komputer dianalogikan dengan kucing.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *