Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya

  • Whatsapp
Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya
Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya

Garisatu.com – Yoga telah menjadi olahraga dan rutinitas bagi sebagian orang pada era ini. yoga merupakan jenis olahraga yang berasal dari India dan telah hadir sejak lima hingga seribu tahun yang lalu. Beragam Jenis Yoga telah menjadi jenis olahraga yang cocok untuk kamu yang tidak menyukai olahraga yang melelahkan. Sebab yoga tidak memerlukan kamu untuk mengangkat beban, atau berlari marathon.

Yoga jelas mempunyai banyak manfaat bagi Kesehatan fisik dan mental. Jika kamu ingin belajar melakukan yoga, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Karena yoga memiliki banyak jenis dan Gerakan. Simak ulasan dibawah ini supaya kamu jangan sampai salah melakukan Gerakan yoga.

Bacaan Lainnya

1.         Yoga bikram

Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya

Yoga bikram merupakan jenis yoga yang pertama. Saat ini, yoga bikram sendiri sudah mulai popular di telinga masyarakat. yoga bikram merupakan jenis yoga yang terdiri atas dua rangkaian pernapasan dan 26 gerakan.

Hal yang menjadikan yoga ini unik ialah yoga bikram harus dilakukan di ruangan bersuhu panas dengan suhu kurang lebih 40,6 derajat celcius dan tingkat kelembapan sekitar 40%.

Yoga bikram akan membantu kamu dalam membakar kalori lebih banyak dikarenakan oleh suhu ruangan yang tentunya akan membuat kamu berkeringat dan kamu juga harus tetap melakukan gerakan gerakan yang ada sehingga pembakaran kalori juga menjadi lebih optimal.

Yoga bikram akan memberikan manfaat seperti pembuangannracun yang lebih mudah untuk dilakukan dan membuat tubuh menjadi lebih lentur.

2.         Yoga ashtanga

Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya

Yoga ashtanga termasuk kedalam jenis yoga yang cukup menantang dengan 6 seri postur yoga. 6 postur yoga ini biasanya juga dikenal sebagai ashtanga series. Pada dasarnya, ashtanga series merupakan sinkronisasi pernafasan serta Gerakan Gerakan yang tujuannya untuk membersihkan tubuh.

3.         Yoga Iyengar

Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya

Yoga yengar termasuk kedalam yoga yang cukup sistematis, karena jenis yoga ini memperhatikan seluruh anatomi tubuh secara detail. Biasanya dalam pelaksanaan yoga Iyengar ini, kamu membutuhkan benda benda untuk mendukung Gerakan, seperti tali, kursi, selimut, blok, atau bantalan.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari yoga Iyengar ini antara lain untuk meningkatkan stabilitas tubuh, kekuatan tubuh, dan juga fleksibilitas tubuh. Selain itu, yoga Iyengar juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi untuk Kesehatan.

4.         Yoga vinyasa

Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya

Yoga vinyasa bisa dikatakan sebagai salah satu jenis yoga yang memiliki Gerakan dinamis. Jenis yoga ini tidak memiliki aturan terikat akan rangkaian rangkaian Gerakan yang ada didalamnya sehingga membuat jenis yoga ini lebih menarik daripada jenis yoga lainnya. Yoga ini memfokuskan koordinasi antara nafas, fisik, dan postur serta memiliki tempo yang cenderung lebih cepat.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari yoga vinyasa ini antara lain seperti memperkuat otot lengan dan memberikan kekuatan pada seluruh bagian tubuh.

Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya

5.         Yoga hatha

Kenali Jenis Jenis Yoga Beserta Manfaatnya

Yoga hatha ini merupakan jenis yoga yang cocok untuk pemula. Gerakan Gerakan didalam yoga hatha ini tergolong sederhana dan terdiri dari kelas Teknik dasar. Seperti postur dasar yoga, kelas pengantar, dan Teknik pernapasan.

Jenis yoga ini lebih mementingkan kenyamanan penyelarasan Latihan fisik serta pernapasan. Manfaat yang bisa kamu dapatkandari yoga ini antara lain meningkatkan fleksibilitas tubuh dan mengurangi stress berlebih.

6.         Yoga yin

Yoga yin cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan. Didalam yoga ini, kamu tidak diharuskan untuk banyak bergerak dan yoga ini akan membuat kamu terlihat lebih pasif. Secara sederhana, yoga yin berfungsi untuk melatih tubuh dengan gerakan posisi duduk dan berbaring.

Meskipun yoga ini tidak memerlukan banyak gerakan, namun manfaat yang diperoleh juga cukup banyak, seperti melatih sisi meditative sehingga akan mendapatkan ketenangan dari rutinitas yang padat dan akan memberikan kelonggaran pada lapisan jaringan tubuh dan tulang sendi.

7.         Yoga prenatal

Yoga prenatal dikhususkan bagi ibu hamil. Gerakan Gerakan yang dilakukan didalam yoga ini biasanya akan meliputi bagian pinggul, latihan pernafasan, serta beberapa pose yoga restorasi.

Saat hamil, sangat disarankan untuk melakukan yoga prenatal sebab akan memberikan banyak manfaat bagi ibu dan anak. Seperti membuat ibu tetap aktif selama masa kehamilan, lebih kuat, dan akan meningkatkan energi yang sebelumnya disebabkan oleh perubahan hormone didalam tubuh.

8.         Yoga kundalini

Kamu akan mengeluarkan cukup banyak tenaga dalam jenis yoga ini. yoga ini yang akan kamu lakukan seperti latihan Gerakan, postur, pernafasan, dan meditasi sehingga kamu akan mengeluarkan banyak tenaga.

Selama yoga ini berlangsung, Teknik pernafasan yang cepat merupakan salah satu kegiatan vital yang wajib dilakukan. Manfaat penting yang akan kamu dapatkan dari jenis yoga ini ialah peningkatan tenaga di bagian bawah tulang belakang.

Itu dia 8 jenis yoga beserta manfaatnya yang perlu kamu ketahui jika kamu memutuskan untuk mulai beryoga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *