Kenali ASMR, Bisa Bantu Atasi Insomnia

  • Whatsapp
Kenali ASMR, Bisa Bantu Atasi Insomnia
Kenali ASMR, Bisa Bantu Atasi Insomnia

Garisatu.com – Kamu pernah menonton konten yang berisi tentang ASMR ? Pastinya kamu bingung saat menemukan video orang yang merekam dirinya sedang makan beserta suaranya. Bagi beberapa orang mungkin ASMR terasa risih dan aneh, tetapi Autonomous sensory meridian response sekarang tengah menjadi tren di kalangan youtuber maupun pengguna sosial media lainnya.

Autonomous sensory meridian response merupakan akronim dari autonomous sensory meridian response alias munculnya sensasi menggelitik di area tubuh tertentu (biasanya di kulit kepala, leher, atau punggung) akibat adanya stimulus visual maupun auditori.

Bacaan Lainnya

Saat ini, sangat amat banyak video Autonomous sensory meridian response yang terpampang di media sosial. Dan tidak hanya videonya saja yang menyebar dimana mana, youtuber youtuber bahkan membuat channel khusus untuk mengunggah video video konten Autonomous sensory meridian response dengan jutaan penonton setia, dan berasal dari berbagai negara.

Stimuli yang biasanya ada pada video Autonomous sensory meridian response juga sangat beragam selain suara orang mengunyah, mulai dari suara berbisik, suara orang meremas kertas, hingga menuang air ke dalam panci. Video-video Autonomous sensory meridian response menjadi populer karena banyak orang merasa menjadi lebih rileks setelah menonton atau mendengar video tersebut.

How ASMR became a YouTube sensation | Financial Times

Mungkin Autonomous sensory meridian response yang banyak di temukan jika kamu mencari dari kata kunci ‘ASMR’ ialah kebanyakan tentang orang mengunyah. Namun sebetulnya beberapa jenis video populer yang mengandung Autonomous sensory meridian response adalah video dengan gerakan yang bertujuan merangsang sensasi tertentu, seperti berbisik, berbicara dengan suara lembut, menepuk meja, menggaruk, Gerakan tangan yang sangat lambat, hingga video dengan teknik zooming yang sangat dekat sehingga terasa sangat personal.

Kemudian dari prinsip dasar tersebut, orang mulai membuat video video Autonomous sensory meridian response, misalnya simulasi dari beberapa Tindakan medis tertentu, memotong rambut, memijat tubuh, hingga tutorial melipat handuk.

Belum banyak penelitian yang bisa menjelaskan tren yang menghebohkan ini, sebab ASMR merupakan fenomena dunia maya yang baru terjadi sekitar tahun 2000-an. Meskipun demikian, ada beberapa penelitian yang menjelaskan manfaat Autonomous sensory meridian response seperti :

1.         Membuat tubuh lebi rileks

Sebuah penelitian yang dilakukan pad tahun 2015 oleh universitas Swansea menunjukkan bahwa salah satu manfaat Autonomous sensory meridian response ialah memperbaiki suasana hati bagi orang yang menonton atau mendengarkannya. Pada beberapa orang, perbaikan mood ini akan membuat tubuh mereka lebih rileks dan jauh dari stress.

Kemudian klaim ini semakin diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh dua perguruan tinggi di Kanada, Universitas Ryerson di Toronto dan Universitas Winnipeg. Keduanya sepakat bahwa video Autonomous sensory meridian response bisa membuat penikmatnya mencapai relaksasi seperti halnya ketika mendengarkan music.

ASMR - Wikipedia

Hanya saja, efek video Autonomous sensory meridian response bisa bertahan lebih lama ketimbang efek getaran yang ditimbulkan musik ini. Meskipun demikian, para peneliti tersebut menyatakan masih perlu mengkaji lebih lanjut mengenai cara kerja video ASMR hingga bisa menimbulkan efek seperti ini.

Kenali ASMR, Bisa Bantu Atasi Insomnia

2.         Mengatasi insomnia

Is ASMR Real or Just a Pseudoscience? - Scientific American

Beberapa ahli psikologi juga berpendapat bahwa efek Autonomous sensory meridian response bisa dikatakan mirip seperti meditasi, salah satunya membuat penonton menjadi lebih rileks dan kemudian lebih mudah untuk tertidur.

Para penikmat video Autonomous sensory meridian response juga mengklaim bahwa mereka lebih mudah terlelap sehingga membuat banyak orang berpendapat Autonomous sensory meridian response cocok untuk mereka yang menderita insomnia.

What Is ASMR Sex? - Why Is ASMR a Turn On? - ASMR Sounds

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mendengarkan ASMR melalui siaran podcast maupun video yang diunggah secara online. Siaran ASMR ini biasanya dilakukan dengan berbisik perlahan, menggosokkan dua benda dengan lembut, menyisir rambut, maupun kegiatan yang bertujuan untuk relaksasi lainnya.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Sheffield di Inggris menunjukkan bahwa orang yang senang mendengarkan dan melihat video ASMR bisa mengatasi insomnianya.

Hal ini dikarenakan video ASMR memiliki manfaat terapeutik dengan mengurangi detak jantung dan merangsang munculnya perasaan positif dalam diri seseorang. Kondisi kejiwaan seperti itu akan membuat orang yang merasa rileks dan tidak stres sehingga lebih mudah untuk tertidur.

Dalam jangka panjang, penurunan detak jantung ini bahkan dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular, meski klaim ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

How A.S.M.R. Became a Sensation - The New York Times

Yang jelas, kedua manfaat video ASMR di atas dapat dijadikan sebagai pijakan bagi peneliti lain untuk menemukan efek video ASMR lainnya. Bukan tidak mungkin di masa mendatang, video ASMR bahkan bisa digunakan untuk terapi masalah mental tertentu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *