Kebiasaan ‘Sepele’ Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

  • Whatsapp
Kebiasaan 'Sepele' Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!
Kebiasaan 'Sepele' Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

Garisatu.com – Ada beberapa kegiatan yang kita lakukan dalam rutinitas sehari hari yang mungkin terlihat sepele, namun sejujurnya memiliki manfaat positif untuk tubuh kita lho! Tetapi beberapa kebiasaan ini kerap dianggap tidka baik untuk dilakukan, anda bisa dicap sebagai orang yang tidak sopan, malas, atau bahkan tidak terurus karena melakukan kebiasaan ini.

Akan tetapi kamu tetap perlu mengetahui manfaat manfaat positif yang bisa diperoleh dari kebiasaan kebiasaan itu, yakni seperti mengunyah permen karet, bermain video gim, ‘berantakan’, gossip, bersendawa, hingga banyak bermain media sosial.

Bacaan Lainnya

Seperti dikutip dari laman Brightside, berikut 6 hal sepele yang bisa ternyata memberi manfaat sosial bagi diri Anda.

1.         Mengunyah permen karet

Siapa sangka hal sepele seperti mengunyah permen karet bisa membawa dampak positif? ternyata, mengunyah permen karet sambil membaca buku bisa memberikan efek positif seperti meningkatkan memori, perhatian, kewaspadaan, dan pengambilan keputusan.

Kebiasaan 'Sepele' Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengunyah permen karet selama tes dilakukan 24 persen lebih baik pada tes memori jangka pendek dan 36 persen lebih baik pada tes memori jangka Panjang.

Studi yang lainnya juga membuktikan bahwa dengan mengunyah permen karet bisa membantu mengurangi perasaan stress, sebab mengurangi hormone kortisol yang berperan dalam pengembangan reaksi stress.

2.         Bermain video gim

Kebiasaan 'Sepele' Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

Bermain video gim biasanya dijadikan hiburan belaka jika kamu sedang bosan. Namun ada pula yang memang hobi bermain video gim. Bahkan tidak jarang juga kamu dicap sebagai pemalas karena hanya bermain video gim seharian.

Tetapi video gim biasanya merespons seseorang untuk melakukan aksi cepat dan ini bisa membantu orang dalam mengambil keputusan yang benar. Selain itu, video gim strategi real time juga bisa meningkatkan kemampuan otak dna kemampuan kita dalma belajar.

3.         Berantakan

Kebiasaan 'Sepele' Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

Mungki hal ini dinilai negative bagi sebagian orang. Terutama jika kamu merupakan anak gadis, tentu tidak jarang mendengar ibumu meneriakimu untuk membersihkan kamar tidur atau lemari pakaian yang sudah berantakan. Selama ini, kondisi yang berantakan memang dinilai buruk karena tidak rapi dan mencitrakan diri sebagai seseorang yang tidak baik.

Namun sebenarnya, kebiasaan semacam ini bisa menunjukkan kreativitas yang kita sembunyikan dalam diri lho. Kathleen Vohs dan rekan rekannya di Fakultas Manajemen Universitas Minnesota Carlson, melakukan percobaan dengan dua kelompok orang yang ditempatkan di kamar yang rapi dan berantakan kemudian mereka diberitahu untuk menggunakan sebanyak mungkin kegunaan bola pingpong.

Hasil menunjukkan bahwa para peserta di ruang berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif.

Kebiasaan ‘Sepele’ Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

4.         Gossip

Kebiasaan 'Sepele' Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

Kegiatan ini menjadi hal favorit bagi para wanita, yakni bergosip. Meskipun bergosip kerap dianggap jahat karena secara tidak langsung kita mengomentari atau bahkan menghakimi orang lain di belakang, namun bergosip juga ternyata memiliki efek positif lho.

Penelitian psikologis menunjukkan bahwa bergosip dapat meningkatkan ikatan dengan orang lain dan membantu mempererat hubungan pertemanan.

Bergosip juga dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Kelompok yang bergosip bekerja sama, menghalangi keegoisan, dan bertukar informasi sosial dengan lebih baik.

5.         Bersendawa

Kebiasaan 'Sepele' Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

Kebiasaan bersendawa juga menuai pro dan kontra. Ada yang beranggapakan bersendawa itu tidak sopan dan menjijikan dan ada pula yang menganggapnya hal yang natural.

Bersendawa memang termasuk sebagai bagian normal dari proses pencernaan kita. Ini membantu menghilangkan gas yang tidak diinginkan yang telah terkumpul di dalam perut dan membantu kita menjaga kesehatan lambung agar lebih baik.

Anda harus bersendawa agar gasnya tidak tetap berada di dalam perut Anda dan membebaskan Anda dari mulas.

6.         Banyak bermain sosial media

Kebiasaan 'Sepele' Ini Ternyata Berdampak Positif Lho!

Zaman digitalisasi dan modernisasi ini memang manusia sudah tidak bisa luput dari gadget. Salah satu yang membuat kita begitu terikat dengannya ialah sosial media.

Terlalu banyak bermain gadget dan sosial media sebetulnya bisa menimbulkan efek negative, namun ada juga efek positif yang bis akita ambil, seperti membantu kita untuk merasa kurang terisolasi dan lebih terhubung dengan masyarakat, membuat kita mudah untuk menemukan dukungan emosional dari teman-teman kita, dan menginspirasi kita untuk mencapai tujuan.

Akan tetapi dampak negative yang ditimbulkan juga perlu diberi perhatian. Maka dari itu sebaiknya bijak bijak dalam menggunakannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *