Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

  • Whatsapp
Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!
Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

Garisatu.com – Apa yang kita konsumsi akan mempengaruhi tubuh dan suasana hati ataupun perilaku kita dan perilaku anak. Hal ini berlaku tanpa pandangan usia, baik dari anak anak hingga orang dewasa.

Para ahli mengatakan bahwa kandungan nutrisi tertentu yang terdapat dalam makanan diperlukan oleh tubuh untuk memberi energi pada tubuh, dan juga mendukung tumbuh dan kembang kita. 

Bacaan Lainnya

Namun tidak semua kandungan memiliki sifat yang baik bagi pertumbuhan, ada beberapa kandungan lain yang bisa memperburuk atau menyebabkan gangguan perilaku pada anak yang mengalami gangguan belajar seperti ADHD, dan lainnya.

Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

Meskipun rasanya sulit untuk mengubah pola makan pada anak balita, namun disaat kita melihat perubahan dalam perilakunya, semua upaya yang dilakukan tidak akan terasa sia sia dan akan terbayarkan.

Untuk itu, sebagai orang tua, penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara nutrisi memengaruhi perilaku anak supaya bisa memberikan yang asupan tepat untuknya.

1.         Seng

Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

Seng merupakan elemen penting dalam metabolisme lemak Docosahexaenoic Acid (DHA) pada otak anak. Ini juga akan meningkatkan fungsi sistem neurotransmisi yang lebih baik selain mengatur melatonin.

Seng akan memainkan peran utama dalam mengatur suasana hati dan siklus tidur pada anak usia balita.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa seng tidak hanya membantu si kecil untuk tetap tenang, tetapi juga bisa meningkatkan perilaku sosialnya.

2.         Magnesium

Disaat anak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium, tubuh mereka akan mendapatkan beberapa manfata seperti system saraf pusat yang lebih tenang dan bisa meningkatkan aktifitas listrik di otak mereka.

Dengan demikian, nutrisi ini bisa meningkatkan rentang perhaian anak. Dan jika anak kerap tidak memperhatikan, berikan asupan ini untuk mereka.

3.         Vitamin B

Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

Vitamin B merupakan nutrisi penting yang memfasilitasi produksi neurotransmitter seperti serotonin.

Neurotransmitter ini yang kemudian membantu mengatur suasana hati dan perilaku anak.

Studi menunjukkan bahwa disaat anak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin esensial seperti biji bijian, kacang kacangan, sayuran, dan buah, mereka akan memiliki Kesehatan mental yang lebih baik.

Karena, jika perilaku anak mengalami masalah kesehatan mental dan perilaku pada usia dini, ini bisa meningkatkan resiko menjadi korban penyalahgunaan narkoba dan juga kecanduan alcohol pada saat dewasa nanti.

4.         Vitamin D

Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

Vitamin D termasuk salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Karena vitamin ini memungkinkan berfungsinya semua sel dalam tubuh anak.

Selain itu vitamin D juga memegang peranan penting dalam perhatian dan fungsi otak.

Jika kadar vitamin D pada balita optimal, ia akan berada dalam suasana hati yang baik, memiliki energi yang lebih banyak, dan tidur lebih nyenyak.

Kita bisa dengan mudah mendapatkan asupan vitamin D dari matahari, tetapi makanan seperti hati, ikan berlemak, dan kuning telur merupakan pilihan makanan yang baik untuk asupan vitamin ini.

5.         Omega 3

Melalui nutrisi omega 3, perilaku anak akan mendapatkan dukungan DHA esensial yang mereka butuhkan untuk perkembangan otak mereka.

Omega 3 menjadi lebih penting bagi perilaku anak laki-laki dikarenakan mereka membutuhkan asam lemak ini tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan anak perempuan.

Para ahli telah menunjukkan bahwa anak anak yang memiliki kadar asam lemak omega 3 yang lebih tinggi dalam tubuh mereka akan cenderung lebih baik dalam membaca dan mengeja.

Mereka juga memiliki lebih sedikit masalah terkait perilaku anak. Sebaliknya jika anak kekurangan nutrisi ini, maka ia bisa menjadi impulsive, marah, cemas, hingga mengalami insomnia.

Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

6.         Protein

Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

Setiap orangtua harus mengetahui pentingnya asupan protein pada anak sebab protein disebut sebagai bahan pembangun tubuh dan otak.

Diet yang kaya akan protein membuat anak bisa berada dalam suasana hati yang berenergi dan termotivasi.

Ini membantu untuk mendukung fungsi perhatian, sosial, dan juga perilaku pada anak.

Kekurangan protein bisa menyebabkan konsentrasi yang buruk, kelelahan, dan dampak fisik negative lainnya.

Beberapa sumber protein yakni seperti daging unggas, daging tanpa lemak, makanan laut, produk susu, dan beberapa jenis ikan.

7.         Zat besi

Kandungan Ini Bisa Mempengaruhi Perilaku Anak Lho!

Zat besi berpengaruh besar terhadap energi, perhatian, dan suasana hati anak.

Bagi anak anak yang usianya dibawah dua tahun, zat besi berperan besar dalam kehidupan mereka karena pada usia ini mereka sedang mengalami perkembangan otak paling pesat.

Oleh karena itu, untuk menjaga suasana hati dan tingkat perhatian jangka panjang, pastikan anak memiliki cukup banyak zat besi dalam makanan mereka.

Kekurangan zat besi sering terjadi pada anak-anak dengan gangguan attention-deficit / hyperactivity (ADHD).

Beberapa makanan yang kaya zat besi antara lain, hati, kacang-kacangan, sereal sarapan yang diperkaya dengan zat besi, aprikot, tepung kedelai, dan banyak lagi.

Meskipun kita telah memberi anak makanan yang mengandung semua nutrisi dan mineral yang tadi sudah disebutkan, reaksi pada anak bisa saja berbeda.

Anak-anak dengan ADHD misalnya, mereka mungkin memerlukan kadar zat besi, magnesium, asam lemak omega-3, dan seng yang rendah.

Bagi mereka, asupan yang terpenting adalah makanan yang memberi mereka cukup nutrisi dan energi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *