Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

  • Whatsapp
Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!
Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

Garisatu.com – Softlens menjadi alternatif bagi kalian yang memiliki mata minus tanpa harus menggunakan kaca mata. Tetapi tidak sedikit juga pengguna softlens untuk kecantikan, sebab softlens hadir dalam berbagai warna, ukuran, dan model yang menarik sehingga bisa membuat mata terlihat lebih cantik, dan belo.

Tetapi pengguna softlens tidak boleh sembarangan, kamu perlu berhati hati saat menggunakannya supaya mata kamu tidak perih dan iritasi. Berikut ini kita akan membagikan 5 tips bagi pengguna softlens:

Bacaan Lainnya

1.         Gunakan sebelum mengaplikasikan make up

Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

Sebelum pengguna softlens menggunakan penting untuk menjaga kebersihan tangan. Ini bertujuan supaya pengguna softlens yang hendak kita gunakan di mata tidak kotor. Jika pengguna softlens menggunakan softlens kotor, mata bisa terasa perih bahkan iritasi. Salah satu hal yang suka terlupakan ialah menggunakan make up terlebih dulu baru pengguna softlens menggunakan softlens.

Padahal sebetulnya hal ini terbalik. Sebaiknya kamu menggunakan softlens dulu baru menggunakan makeup, hal ini bertujuan untuk menghindari make up yang menempel di tanganmu seperti foundation menempel pada softlens. Sebaliknya, jika kamu ingin melepas softlens, lepas terlebih dulu sebelum menghapus makeup.

2.         Pilih riasan mata yang tepat

Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

Jika kamu sudah menggunakan softlens dan hendak merias mata, kamu wajib memberi perhatian khusus sebab menghindari produk kecantikan yang secara tidak sengaja masuk kedalam mata.

Seperti contoh, pilihlah mascara atau eyeliner yang waterproof. Kamu juga perlu perlahan lahan saat mengaplikasikan makeup untuk menghindari softlens bergerak dari matamu.

3.         Gunakan eyeshadow secara perlahan

Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

Sama halnya seperti menggunakan mascara dan eyeliner, pada saat kamu ingin mengaplikasikan eyeshadow, lebih baik kamu menggunakan brush supaya tidak memberi tekanan pada bagian mata.

Namun jika kamu tidak memiliki brush juga tidak apa apa menggunakan tangan, hanya saja ingat untuk tidak terlalu menekan area mata. Sebab ini bisa menyebabkan mata berair dan membuat softlens kurang nyaman saat dipakai.

4.         Jangan gunakan makeup berbasis minyak

Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

Untuk kamu yang menggunakan softlens disarankan untuk tidak menggunakan make up yang berbahan dasar dari minyak. Hal ini karena produk kecantikan yang berbahan minyak bisa menyebar dengan mudah hingga bagian mata.

Kondisi ini pun bisa menyebabkan mata menjadi iritasi. Sebaiknya pilihlah make up yang bisa bertahan lama dan tidak mudha luntur ya !

5.         Selalu sedia tetes mata dan kotak softlens

Untuk para pengguna softlens dua bend aini wajib dan sebisa mungkin selalu ada bersamamu. Tetes mata berfungsi untuk melembabkan mata dan juga supaya softlens tidak mengering.

Jika softlens kamu dibiarkan mengering, bisa membuat mata terasa perih dan iritasi. Membawa kotak softlens juga penting sewaktu waktu kamu tidak ingin menggunakan softlens atau matamu sudah terasa tidak nyaman, kamu bisa melepasnya kapan pun.

Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

6.         Jangan gunakan softlens untuk berenang, dsb

Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

Anda pun harus mengingat kapan waktu untuk melepas softlens. Jangan gunakan softlens untuk berenang, mandi, atau kegiatan apapun yang bisa membuat mata anda kemasukan air.

Hal ini bertujuan supaya kuman atau senyawa kimia yang ada didalam air seperti klorin tidka menempel pada softlens. Lupa melepas softlens saat mandi bisa berujung pada konjungtivitis akibat infeksi bakteri. Menggunakan softlens saat anda kontak dengan air juga dianggap membahayakan sebab softlens bisa saja lepas dengan sendirinya.

Selain itu, untuk merawat dan menjaga kebersihannya, Anda harus melepas softlens sebelum tidur. Hal ini karena saat Anda tidur, mata yang terpejam tidak membuat air mata tidak dapat membawa oksigen sebanyak ketika Anda membuka mata.

7.         Hindari penggunaan air keran

Kamu Pengguna Softlens? Perhatikan Hal Berikut!

Setelah berhasil melepas softlens tanpa ada suatu kendala, hindari penggunaan air keran dalam merawat dan membersihkan softlens. Hampir di setiap air keran mengandung acanthamoeba, bakteri yang dapat menempel dan mengkontaminasi lensa kontak Anda.

Apabila hal tersebut dibiarkan, tentu dapat menimbulkan masalah pada mata Anda karena infeksi bakteri tersebut. Oleh karena itu, biasakan memakai cairan pembersih khusus untuk softlens agar kebersihannya tetap terjaga.

itu dia tips dalam menggunakan softlens yang wajib kamu ketahui. Perlu diingat untuk tetap menjaga kebersihan softlens supaya softlens kamu bisa terawatt dan tahan lama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *