Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!

  • Whatsapp
Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!
Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!

Garisatu.com – Apakah kamu sering mengalami pusing saat berdiri dari duduk? Jika iya, mungkin kamu mengalami gejala anemia. Anemia merupakan penyakit dimana kadar jumlah sel darah merah kita lebih sedikit daripada seharusnya. Selain itu, anemia juga terjadi ketika hemoglobin didalam sel darah merah kita tidak cukup, seperti protein kaya zat besi yang memberikan warna merah pada darah. Protein ini membantu sel sel darah merah membawa oksigen dari paru paru menuju ke seluruh tubuh.

Anemia juga bisa terjadi karena pendarahan yang menyebabkan tubuh kehilangan sel darah merah atau karena tubuh menghancurkan sel darah merah.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu, tubuh yang tidak mendapatkan cukup darah yang kaya akan oksigen akan mengalami anemia. Akibatnya, seseorang yang mengalami anemia akan merasa lemah atau lelah.

Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!

Selain itu, bisa juga menimbulkan gejala lain seperti sesak nafas, pusing, sakit kepala, hingga mengalami masalah sulit berkonsentrasi atau berfikir.

Jika kamu mengalami anemia, kamu bisa menghubungi dokter untuk meminta obat obatan yang dibutuhkan, disamping itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara alami dibawah ini :

1.         Meningkatkan asupan vitamin C

Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!

Penyakit anemia cenderung akan melemahkan system kekebalan tubuh kita. Jika system kekebalan tubuh kita rendah, kita akan cenderung lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit radang.

Salah satu cara untuk meningkatkan system kekebalan tubuh ialah dengan mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang cukup. Pada saat yang sama, vitamin C juga bisa membantu menyerap zat besi.

Kamu bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi buah jeruk atau segelas air lemon setiap harinya.

2.         Mengonsumsi yoghurt dan kunyit

Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!
Gunakan Jahe dan Kunyit Untuk Obat, Dokter: Harus Ada Evidence Based

Dalam buku yang berjudul ‘Ayurvedic Home Remedies’, Dr Vasant Lad menyarankan penderita anemia tipe kapha harus mengomsumsi secangkir yoghurt dua kali sehari, pagi dan sore dengan satu sendok the kunyit bubuk.

Pada anemia tipe kapha, ditemui pembengkakan (edema) dan membuat kulit penderita terasa dingin dan lembab. Obat ini bisa bantu menyeimbangkan kapha dosha didalam tubuh.

Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!

3.         Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!

Seperti yang kita ketahui sayuran hijau seperti bayam, seledri, sawi hijau, dan brokoli memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Mereka juga merupakan sumber zat besi yang baik. Namun, dari beberapa sayuran hijau, yang terbaik ialah bayam.

4.         Jus bit atau delima

Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!

Bit termasuk umbi umbian berwarna merah yang memiliki manfaat yang sangat baik bagi Kesehatan tubuh. kamu bisa mengonsumsi bit dengan memasaknya atau membuatnya menjadi jus.

Jus buah bit atau delima bisa membangun dan memurnikan darah didalam tubuh. bit juga kaya akan kandungan asam folat yang bisa digabungkan dengan wortel atau apel.

Sedangkan buah delima kaya akan zat besi dan mineral lain seperti tembaga dan kalium. jika anda rutin mengonsumsi keduanya, maka bisa meningkatkan energi serta memperlancar aliran darah.

5.         Air dalam tembaga

Tembaga dianggap sangat sehat, bahkan kamu disarankan untuk menyimpan air didalam wadah yang terbuat dari tembaga selama semalaman setiap hari.

Ini dipercaya merupakan salah satu cara untuk mengisi tubuh dengan mineral alami. Selain itu, car aini juga dianggap mampu mengobati rambut yang rontok

6.         Biji wijen

Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!

Mengonsumsi biji wijen merupakan cara terbaik lainnya untuk meningkatkan asupan zat besi. Terutama jika kamu mengonsumsi biji wijen hitam.

Kamu bisa membuat pasta dari biji wijen hitam dengan merendam biji wijen selama dua hingga tiga jam, kemudian giling. Setelah menjadi pasta, nikmati dengan satu sendok teh madu setiap harinya.

7.         Kismis dan kurma

Kamu Anemia? Atasi Dengan Cara Berikut!
Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan - Alodokter

Buah buahan kering seperti kismis dan kurma bisa memberikan kombinasi antara zat besi dan juga vitamin C. ini akan memberikan kemungkinan bagi tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih cepat dan juga efektif. Kamu bisa mengonsumsi segenggam kismis atau dua buah kurma sebagai cemilan.

8.         Kacang hijau

Kacang hijau mengandung tinggi asam folat atau vitamin B9 yang juga bisa membantu meningkatkan jumlah hemoglobin atau sel sarah merah dalam tubuh. Selain kacang hijau, kandungan pada kacang polong, kacang merah pun memiliki nutrisi yang sama bagusnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *