Jusuf Kalla: Masjid Boleh Buka Ketika PSBB Dicabut [New Normal]

  • Whatsapp
Jusuf Kalla: Masjid Boleh Buka Ketika PSBB Dicabut [New Normal]

Garisatu.com – Setelah PSBB dicabut, new normal akan diterapkan demi tetap menekan penyebaran wabah COVID-19. Di masa new normal, sejumlah sektor akan dibuka.

Pemerintah berencana memperbolehkan tidak hanya sektor industri dan ekonomi, tetapi juga rumah ibadah dibuka, meski dengan syarat tertentu.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla menyampaikan bahwa masjid sudah boleh dibuka ketika peraturan PSBB di wilayah tersebut sudah dicabut.

“Ketika PSBB berakhir artinya kantor-kantor bisa dibuka, pasar pasar, dan mal dibuka maka tempat ibadah juga pun bisa dibuka, sesuai dengan keputusan Menteri Agama. Namun dengan beberapa ketentuan protokol kesehatan yang ketat,” terang Jusuf Kalla di markas PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (2/6).

Lanjut dia, DMI menerbitkan edaran pembukaan masjid saat new normal agar para pengurus masjid serta masyarakat siap.

Lalu ia tambahkan, masjid relatif lebih mudah diatur dibandingkan mal atau pasar karena umumnya jemaah tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di masjid dibandingkan waktu yang dihabiskan di mal maupun pasar.

“Tempat ibadah jauh lebih mudah dan tempat ibadah itu, orang beribadah kalau di masjid, paling setengah jam selesai,” kata dia.

“Karena orang ibadah di masjid biasanya paling lama 30 menit selesai. Berbeda halnya ketika kita pergi ke pasar atau mal, bisa ber jam-jam di sana” tambah Jusuf Kalla.

Sholat Jamaah: Row of Worshipers | men stand in neat rows pr… | Flickr

Terdapat, edaran DMI soal operasional masjid dalam new normal tertulis dalam Surat edaran DMI bernomor 104/PP-DMI/A/V/2020 tentang Edaran ke-III dan Jemaah dalam The New Normal.

Dalam edaran itu, jemaah diwajibkan mengenakan masker, membawa alat salat sendiri serta menjaga jarak antar jemaah.  Selain itu, pengurus masjid diminta agar tidak menggelar karpet untuk kemudahan dalam membersihkan area. Pendingin udara diimbau tidak dinyalakan.

“Penting diatur protokol kesehatannya, masjid selalu dijaga kebersihannya, jangan pakai karpet. Jemaah agar pakai masker, bawa alat salat sendiri dan masjid yang pakai AC agar jangan dipakai dulu, buka jendelanya agar ada sirkulasi udara” terang Jusuf Kalla.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *