Jokowi: Rapid Test Telah Dilakukan Di Jaksel

  • Whatsapp
Jokowi: Rapid Test Telah Dilakukan Di Jaksel
Instagram @jokowi

Garisatu.com – Presiden Joko Widodo, akrab dipanggil Pak Jokowi, mengungkapkan bahwa pemerintah telah melakukan rapid test atau tes masal virus corona COVID-19.

Akan tetapi, tes masal tersebut masih terbatas dan lebih diprioritaskan di area yang sudah diketahui kontak tracing dari pasien positif COVID-19.

“Rapid test sudah dilakukan sore hari ini di wilayah yang dulu sudah diketahui ada kontak tracking dari pasien positif sehingga dari situ didatangi ke rumah-rumah,” jelas Pak Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (20/3).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa area yang dipilih adalah area yang diprioritaskan karena memegang status paling tinggi posibilitas penyebarannya.

“Memang ada prioritas, menurut hasil indikasi paling rawan. Ini Jakarta Selatan,” kata Pak Jokowi.

Kemarin dalam rapat terbatas, Pak Jokowi meminta kepada para tim satuan gugus tugas COVID-19 untuk segera lakukan tes masal atau rapid test dengan cakupan yang cukup luas. Pak Jokowi mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk mencegah dan mendeteksi awal seseorang terpapar virus corona COVID-19.

“Segera lakukan rapid tes dengan cakupan lebih besar agar deteksi dini indikasi awal seseorang terpapar COVID-19 bisa dilakukan,” tutur Pak Jokowi ketika membuka rapat terbatas terkait ‘Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19’ melalui teleconference, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (19/3).

Ia pun ada meminta untuk memperbanyak alat tes untuk virus mematikan ini. Lalu ia pun ada meminta agar rumah sakit pemerintah BUMN, Penda serta RS TNI Polri ikut dilibatkan.

“Saya minta alat diperbanyak dan diperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes dan melibatkan RS baik pemerintah, BUMN, Pemda, RS TNI Polri, dan swasta, dan lembaga riset yang dapatkan rekomendasi Kemenkes,” ujar Pak Jokowi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *