Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

  • Whatsapp
Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!
Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Garisatu.com – Maskne, maskne merupakan “ mask acne” sebutan baru untuk jerawat yang tumbuh akibat penggunaan masker. Semenjak pandmei berlangsung, masker merupakan hal yang amat sangat wajib dipakai kemanapun kita pergi dan kapanpun. Sebisanya kita tidak direkomendasikan untuk melepas masker di luar rumah terutama di kerumunan.

Karena kewajiban untuk terus menggunakan masker disisi lain membuat masalah baru untuk kulit kita, yakni tumbuhya jerawat. Terus menggunakan masker membuat sebagian wajah kita tertutup dan tidak mendapat ventilasi udara yang cukup, apabila cuaca panas, maka kita akan berkeringat dan keringat itu pun tertutup oleh masker sehingga bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

Bacaan Lainnya

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Hawa lembab yang keluar pada saat kita berbicara dan bernafas juga terjebak didalam masker sehingga menambah “kelembaban” di area bermasker. Konsi lembab mendukung pertumbuhan bakteri dengan cepat. 

Bagian kulit yang terus bergesekan dengan masker juga bisa menyebabkan peradangan dan iritasi semakin parah. 

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Penyebab lain yang menjadi alas an timbulnya maskne juga bisa dari masker itu sendiri. Apabila kamu tidak menjaga kebersihan masker yang kamu gunakan, itu sangat berpotensi menumbuhkan jerawat.

Seperti masker bedah yang digunakan berkali kali dan digunakan dengan cara yang salah. Atau masker kain yang dicuci secara asal. Maka dari itu, penting untuk kamu memperhatikan beberapa hal dibawah ini supaya mebncegah timbulnya maskne. Simak yuk!

1. Gunakan masker dengan baik 

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Masker menjadi komponen penting dalam kasus seperti ini, maka dari itu kehiegenisan masker sangatlah penting. Jika kamu menggunakan masker bedah, diusahakan tidak menggunakannya berulang kali atau selama satu hari penuh.

Apalagi jika kamu beraktifitas diluar rumah, sebaiknya sediakan masker pengganti supaya terhindar dari masker yang lembab akibat keringat dan beraktifitas. Cucilah masker kain menggunakan air panas untuk membunuh kuman yang menempel.

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Penggunaan masker sendiri pun direkomendasikan maksimal 6 jam dan 4 jam untuk masker kain. Sebab masker kain memang tidak seefektif masker bedah atau masker kn95 dalam menyaring partikel kecil dari virus penyebab penyakit.

Kemudian, masker kain biasanya juga terbuat dari bahan yang dapat menyerap air, berbeda dengan masker bedah atau masker kn95 yang lapisan luarnya kedap air. Hal ini bisa membuat percikan droplets (air liur) dari pengidap virus corona terserap dan bertahan lebih lama pada masker kain. 

2. Bersihkan wajah setelah menggunakan masker 

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Setelah pulamg dari beraktifitas diluar rumah, disarankan untuk langsung membersihkan diri guna menghindari virus atau bakteri yang menempel di tubuh tanpa kita sadari. Mencuci wajah juga termasuk karena setelah beraktifitas menggunakan masker, potensi tumbuhnya bakteri dan kuman meningkat.

Maka dari itu, penting untuk langsung mencuci wajah dan tubuh sehabis dari luar rumah. Pastikan untuk memilih sabun wajah yang memang cocok dengan kulit mu, mengingat penyebab tumbuhnya jerawat juga bisa disebabkan dari sabun cuci muka. 

3. Gunakan pelembab 

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Menggunakan masker membuat kulit wajah bergesekan dengan lapisan masker, untuk orang yang memiliki kulit kering, kulit akan lebih mudah iritasi. Maka dari tiu, gunakan pelembab untuk menghidrasi wajah dan supaya wajah tidak terlihat kusam.

Bukan berarti orang yang memiliki kulit berminyak tidak boleh menggunakan pelembab, pilihlah pelembab yang memang khusus untuk kulit berminyak. 

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

4. Gunakan tabir surya 

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Jerawat bisa bertambah parah apabila kulit terpapar sinar matahari langsung, disarankan untuk menggunakan tabir surya 15 menit sebelum keluar rumah dengan kadar SPF 30 atau lebih. Tabir surya juga bisa mencegah hiperpigmentasi kulit.

Tabir surya dengan kandungan zinc dan titanium juga direkomendasikan karena diketahui mampu mebcegah iritasi kulit wajah akibat penggunaan masker. 

5. Hindari penggunaan make up terlalu tebal 

Jerawat Akibat Masker? Ini Cara Mengatasinya!

Karena wajib menggunakan masker secara terus terusan, tidak disarankan untuk menggunakan make up yang tebal sebab ini hanya menyumbat pori pori mu saja dan memicu timbulnya jerawat atau memperparah jerawat yang ada. Lebih baik untuk menggunakan make up yang ringan supaya tidak menyumbat pori pori wajah kamu. 

Langkah Langkah diatas bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya maskne. Kamu tetap bisa menyembuhkan jerawat dengan skincare atau jika memang sudah parah, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan ke dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *