Jepang: Kereta Cepat Anti Gempa, Capai Kecepatan 360 km/jam!

  • Whatsapp
Jepang Kereta Cepat Anti Gempa Capai Kecepatan 360 km/jam

Garisatu.com – Shinkansen, kereta cepat Jepang yang memecahkan rekor dunia sebagai kereta tercepat dengan jarak tempuh 360 kilometer per jam.

Model terbaru Shinkansen dinamakan N700S, dimana S adalah singkatan dari Supreme karena mampu beroperasi dengan biasa meski sedang terjadi bencana alam gempa bumi.

Dikabarkan kereta cepat ini akan beroperasi dan melayani jalur Tokaido Shinkansen yang menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka di Osaka, Jepang mulai dari 1 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

Meski dapat menempuh hingga 360 km/jam, saat ini kecepatan Shinkansen saat beroperasi akan dibatasi menjadi hanya 285 km/jam.

Ini adalah pertama kalinya ada penambahan kereta cepat di jalur Tokaido Shinkansen oleh Central Japan Railway (JR Central) dalam 13 tahun terakhir.

Meski baru, tampak luar kereta cepat N700S tidak jauh berbeda dari model N700 atau N700A.

Kereta cepat N700S akan berjalan jauh lebih tenang dan lancar berkat sistem suspensi aktif baru yang membantu menyerap getaran kereta.

Selain itu N700S pun hadir dengan sistem self-propulsion baterai lithium-ion, ini juga merupakan yang pertama dari jenisnya di seluruh dunia.

Keunggulan dari sistem ini yakni jika terjadi pemadaman listrik, kereta dapat berjalan dengan jarak pendek dengan sendirinya.

Jika berada di daerah yang berisiko tinggi, baterai ini dapat membuat kereta berpindah ke lokasi yang lebih aman.

Salah satu contohnya yakni jika sedang terjadi gempa dan kereta sedang berada dibawah jembatan atau di terowongan, N700S dapat berpindah ke area yang lebih aman agar tidak terperangkap dalam kehancuran.

Tidak hanya peningkatan kenyamanan, desainer di balik model baru ini sangat prioritaskan keamanan.

Lalu, adapun sistem kendali dan rem otomatis yang lebih canggih sehingga dapat segera memberhentikan kereta cepat asal Jepang ini bila dalam keadaan darurat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *