Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

  • Whatsapp
Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu
Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Garisatu.com – Salah satu minuman yang sedang ngehits dengan berbagai macam varian dan cita rasa yang unik, itulah kopi. Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Jenis kopi hadir dalam berbagai varian dan jenis sehingga kamu wajib tahu sebelum mengunjungi cafe cafe atau coffee shop supaya tidak salah memesan.

Bahkan kopi dari setiap negara memiliki jenis yang tentunya berbeda rasa dengan kopi dari negara atau daerah lain . Hal ini dipengaruhi oleh tanah dan ketinggian tempat kopi ditanam.

Bacaan Lainnya

Selain itu, yang perlu kamu ketahui ialah, kopi terbagu menjadi dua jenis,  dua spesies kopi yang dikenal secara umum yakni arabika dan robusta. Cara membedakannya cukup mudah, yaotu bisa dilihat dari bentuk biji kopinya.

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Kopi Arabika memiliki bentuk biji sedikit memanjang agak pipih dan ukurannya agak besar. Sedangkan biji kopi robusta lebih bulat dan terlihat padat serta ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kopi arabika.

Nah, pasti kamu pernah mengunjungi coffee shop atau restoran dan melihat berbagai jenis kopi di menunya. Inilah perbedaan jenis jenis kopi tersebut:

1. Espresso 

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Jenis kopi yang satu ini akan sering kamu temui jika sedang berada di kedai kopi. Espresso merupakan kopi murni dari hasil seduhan kopi giling dan air yang mendidih dan ditekan didalam portafilter tanpa ada tambahan apapun seperti susu, krimer, ataupun pemanis.

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Biasa espresso disebut juga sebagai “shot”. Karena berasal dari kopi murni tanpa campuran, kopi ini merupakan kopi hitam yang aromanya sangat kuat dan pekat.

2. Americano 

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Tentu juga tidak asing dengan sebutan kopi ini bukan ? Kopi americano merupakan campuran dari kopi espresso yang ditambahkan dengan air panas lagi. Penambahan air panas pada americano membuat kopi americano tidak terlalu pekat seperti Espresso.

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Awal mula terbentuk kopi Americano adalah saat warga Amerika ingin menikmati espresso namun tidak terlalu kental dan pekat sehingga mereka menambahkan air panas ke dalam espresso. Rasanya tetap pahit tanpa ada tambahan gila dan krimer.

3. Cappucino 

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Cappucino cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan kopi yang terlalu pahit dan kental. Cappucino merupakan campuran dari 3 komposisi yakni espresso, susu dan juga busa susu. Tekstur yang dimiliki cappucino ini juga halus dan memiliki rasa sedikit manis.

4. Latte 

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Walaupun sekilas cappucino terlihat sama seperti latte, namun perlu diingat jika latte dengan cappucino itu jenis kopi yang berbeda. Komposisi kopi dan susu pada latte yaitu 3:1 dan lapisan busa susunya juga lebih tipis dari cappucino.

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Latte cocok untuk kamu yang ingin mencoba kopi dengan rasa yang manis. Biasanya di coffee shop atau restoran, kamu juga bisa menemukan latte art, yakni latte yang bisa dibentuk dalam berbagai gambar mulai dari lambang cinta, daun, burung, dan banyak lagi kreasi latte art lainnya. 

5. Moccachino 

Kopi Moccachino merupakan jenis kopi yang dicampur dengan susu dan coklat. Penambahan coklat pada kopi ini membuat kopi menjadi lebih manis dan nikmat. Untuk menambah kenikmatan pada kopi Moccachino kamu juga bisa menambahkan whipped cream atau marshmellow.

Jenis Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

6. Red eye/black eye 

Sudah terlihat dari namanya, jenis kopi ini adalah campuran dari espresso dengan kopi hitam. Rasanya yang sangat pahit ini membuat yang minum jadi lebih melek dan segar.

7. Affogatto

Jenis-Jenis Kopi Yang Wajib Kamu Tahu

Jenis kopi yang satu ini juga cukup umum dalam coffee shop. Untuk menikmati kopi affogatto ini kamu akan diberikan es krim dan satu shot espresso, lalu espresso akan dituangkan di atas es krim.

Dengan begitu kamu akan merasakan rasa pahitnya espresso dan manisnya es krim yang nikmat. Paduan eskrim dan kopi akan memberikan rasa unik yang enak. Biasanya juga coffee shop akan mengeluarkan menu affogato dengan campuran buah seperti alpukat. Kreasi yang sangat menarik! 

Itu dia jenis jenis kopi dari mancanegara yang sering kamu jumpai di kebanyakan kedai kopi. Selain kopi dari mancanegara, Indonesia juga memiliki macam macam kopi yang tidak kalah nikmat dan bisa kamu nikmati mulai dari kopi gayo aceh, kopi toraja, kopi papua wamena, kopi kintamani bali, kopi kothok, dan kopi luwak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *