Jangan Sepelekan Minum Air Putih!

  • Whatsapp
Jangan Sepelekan Minum Air Putih!
Jangan Sepelekan Minum Air Putih!

Garisatu.com – Air putih merupakan salah satu yang wajib kita konsumsi setiap harinya. Karena 60% tubuh kita terdiri dari air. Kita dianjurkan hntuk meminum 8 gelas setiap hari atau setara dengan 2 liter air. Cairan penting untuk kelancaran sirkulasi darah di tubuh.

bf8007c4a036346e9b6c9ef6dac903eb

Pasalnya, 90% kandungan darah adalah air. Selain itu, air juga akan membantu mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui keringat, urine, dan tinja. Cairan sangat penting untuk meningkatkan stamina di tubuh.

Bacaan Lainnya

Minum Air Putih!

Air mineral memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita, mulai dari membantu menjaga suhu tubuh, pembakaran lemak, membantu proses pencernaan, melumasi organ tubuh, mengangkut nutrisi sampai membuang racun dari tubuh. Air mineral juga memelihara fungsi ginjal, menghindari dehidrasi, mengurangi risiko kanker kandung kemih.

Banyak konsumsi air mineral juga akan membuat sistem kekebalan menjadi lebih kuat. Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik.

d06f253e94243968d37b3c34e96a759a

Minum air mineral yang cukup juga diperlukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, segar, sekaligus lebih cerah. Tak heran bila tubuh kekurangan cairan, kulit akan tampak kering, terasa kencang, dan penuh kerutan. Air putih juga dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan.

Walau konsumsi air ini memang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, namun terdapat enam waktu penting yang membuat konsumsinya lebih memberikan manfaat kesehatan. Dilansir dari Times of India, berikut enam waktu penting mengonsumsi air mineral agar tubuh tetap sehat dan bugar.

wake up 190412

1. Saat bangun tidur
Awali hari dengan minum segelas air putih terlebih dahulu. Karena pada saat kita tidur, tubuh kita tidak menerima asupan air sama sekali. Hal ini bisa membantu menghilangkan racun dari tubuh serta membuatmu jadi berenergi sepanjang hari. Sebaiknya konsumsi air dalam suhu normal atau hangat serta hindari air dingin pada pagi hari.

2. Sebelum makan
Bagi kalian yang mencoba untuk menurunkan berat badan, coba minum air putih 30 menit sebelum makan. Ini akan membuat mu merasa lebih kenyang dan terhindar dari makan terlalu banyak.

3. Saat lapar
Sering terjadi sebenarnya, pada saat kita merasa lapar, sebenarnya tubuh tidak sepenuhnya membutuhkan asupan makanan, terkadang kita hanyalah haus. Oleh karena itu, ketika kamu merasa lapar, minum air putih bisa jadi cara tepat untuk mengetahui apakah kamu benar-benar lapar atau haus.

16604 ilustrasi perempuan fitnes perempuan gym perempuan olahraga nge gym ngegym

4. Sebelum dan setelah berolahraga
Sebelum berolahraga, minum air putih dapat membuat kita merasa lebih berenergi. Minum dua hingga tiga gelas air putih sebelum maupun sesudah berolahraga merupakan cara yang cukup ideal untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh.

Minum air putih setelah berolahraga juga membantu kita menghidrasi kembali tubuh kita, karena pada saat berolahraga, tubuh kita mengeluarkan cairan yang cukup banyak melalui keringat.

5. Ketika sedang sakit
Ketika sedang sakit, penting untuk meningkatkan asupan air di dalam tubuh. Cara ini tak hanya menghilangkan racun dari dalam tubuh namun juga membuatmu sembuh lebih cepat.

6. Saat lelah
Saat kamu merasa lelah, ini mungkin pertanda bahwa diri mu mengalami dehidrasi. Minum air putih bisa memberi sedikit dorongan pada otak meskipun kamu belum beristirahat.

Enam waktu diatas adalah waktu terbaik untuk minum air putih. Jangan sepelekan pentingnya air putih bagi diri kita ya teman teman. Meski tidak terlihat efek nya dimasa kini, namun efeknya akan kita rasakan nanti ketika kita sudah tua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *