Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini

  • Whatsapp
Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini
Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini

Garisatu.com – Menggunakan masker wajah sudah merupakan rutinitas bagi sebagian wanita. Rutin menggunakan masker wajah bisa membantu kamu untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, ternutrisi, dan glowing. Namun, tidak hanya sekedar menempelkan masker pada wajah kamu dan kamu bisa lengsung mendapatkan kulit sehat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya masker yang kamu gunakan bisa bekerja lebih efektif untuk wajah kamu.

Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini

Berikut merupakan tips dalam menggunakan masker wajah supaya bisa bekerja dengan maksimal dan efektif:

Bacaan Lainnya

1.         Pastikan wajah bersih sebelum maskeran

Banyak orang yang kerap menyepelekan hal ini. Tetapi ini merupakan kesalahan terbesar dalam menggunakan masker wajah. Kamu harus memastikan bahwa kondisi wajah kamu Sudha bersih sebelum menempelkan masker diatasnya.

Kulit dan pori pori yang bersih bisa menyerap nutrisi dari masker kedalam kulit dengan lebih baik. Jika kamu hanya dirumah saja, kamu bisa langsung membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan kulit wajah kamu.

Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini

Tetapi jika sebelumnya kamu menggunkan make up, kamu bisa melakukan metode double cleansing, yaitu metode pembersihan dua kali, yang pertama dengan menggunakan cleansing oil untuk mengangkat make up dan kotoran, kemudian dilanjutkan dengan sabun cuci wajah.

Ada baiknya juga Bunda menggunakan scrub atau chemical peeling yang mengandung AHA dan BHA untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk. Jika menggunakan scrub, pastikan menggunakan face scrub yang lembut dan tidak mengiritasi kulit.

2.         Membuka pori pori dengan metode uap air

Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini

Metode uap wajah merupakan metode yang cukup banyak digunakan dan dipercaya memiliki manfaat dalam kecantikan kulit wajah. Uap dari air panas bisa melembutkan minyak yang terperangkap di dalam pori pori kamu.

Jika kulit wajah tampak merah setelah diuapi, ini merupakan hal yang wajar karena respons normal dari darah. Setelah menguapi wajah, lanjut dengan menggunakan masker yang bisa mendinginkan suhu kulit seperti sheetmask.

Kamu juga bisa menaruh sheetmask didalam kulkas sebelum digunakan untuk mendapatkan sensasi cooling effect yang menyegarkan.

3.         Gunakan toner terlebih dahulu

Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini

Menggunakan toner sebelum maskeran juga bisa membantu mentralkan pH kulit setelah kamu membersihkan wajah dengan sabun. Masker juga bisa bekerja dengan optimal pada kulit yang sudah ‘dipersiapkan’ terlebih dulu dengan menggunakan toner.

Selain itu, toner juga bisa memaksimalkan penyerapan bahan-bahan yang terkandung dalam masker wajah kamu. Apabila kamu menggunakan masker yang dibilas seperti clay mask atau mud mask, kamu bisa kembali mengaplikasikan toner setelah masker dibersihkan dan dilanjutkan dengan produk perawatan kulit lainnya seperti serum atau krim mata.

4.         Multimasking

Metode multimasking merupakan metode yang sudah popular sejak beberapa tahun yang lalu, dan metode ini terbukti efektif dalam menangani lebih dari satu masalah kulit dengan satu kali aplikasi saja.

Mungkin beberapa orang akan bingung dalam ‘menggabungkan’ beberapa jenis masker pada wajah. Jangan khawatir, sebab caranya cukup mudah, pertama tama pilihlah beberapa masker yang sesuai dengan maslaah kulit kamu kemudian aplikasikan diarea wajah masing masing.

Seperti contoh, jika kamu memiliki area t-zone yang berminyak, maka kamu gunakan masker dengan fungsi menyerap minyak di area itu. Kemudian jika kamu memiliki bagian dahi atau pipi yang cenderung lebih kering, aplikasikan masker yang berfungsi untuk memberikan kelembaban ekstra pada bagian tersebut.

Untuk metode multimasking ini bisa didukung dengan menggunakan clay mask atau mud mask. Tidak disarankan untuk menggunakan sheet mask.

Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini

5.         Menggunakan face roller

Jangan Salah Gunakan Masker Wajah, Ikut Tips Ini

Beauty tools yang satu ini sedang popular kegunaannya dikalangan para beauty dan skincare enthusiast. Karena fae roller bisa membantu kulit dalam menyerap nutrisi dari masker lebih baik.

Cara kerja alat ini mirip dengan pijat wajah dan lebih mudah digunakan. Face roller akan merangsang sistem limfatik untuk membantu membuang racun, meredakan ketegangan otot, mengurangi bengkak, dan menstimulasi aliran darah yang dapat menyehatkan kulit.

6.         Hindari menggunakan masker terlalu lama

Jika kamu sebelumnya berfikir bahwa menggunakan masker semakin lama itu semakin baik, maka sekarang hapuslah pemikiran seperti itu dari otakmu.

Karena itu merupakan pernyataan yang salah. Masker wajah yang digunakan terlalu lama tentu bisa mengering dan menyedot kelembapan alami kulit.

Oleh karena itu, hindari menggunakan masker terlalu lama, cukup 15 hingga 20 menit saja. Bacalah baik-baik petunjuk pemakaian masker pada label kemasan sebelum menggunakannya.

7.         Oleskan pelembab sesudah menggunakan masker

Seperti yang dilansir dari Foreo, masker wajah diformulasikan untuk menembus lapisan kulit dan memberikan bahan aktif tepat di tempat yang paling membutuhkannya.

Menggunakan pelembab setelah melepas atau membersihkan masker bertujuan untuk menciptakan barrier atau penghalang pada kulit sehingga bahan aktif tersebut tidak kembali menguap dan mengunci kelembaban kulit.

Pilih pula jenis pelembap yang tepat, misalnya setelah menggunakan masker yang kaya kolagen atau hyaluronic acid, gunakan pelembap ringan yang bertekstur gel. Sedangkan jika menggunakan clay mask yang bersifat kering, aplikasikan pelembab tipe krim yang lebih ‘berat’.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *