Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

  • Whatsapp
Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!
Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

Garisatu.com – Pola makan sehat memang sedang menjadi tren dimasa kini. Sepertinya masyarakat sudah cukup paham akan pentingnya menjaga pola makan dan memiliki pola hidup yang sehat pula. Maka dari itu, masyarakat pun sudah mulai mengonsumsi makanan sehat salah satunya buah dan sayur.

Banyak produsen produsen di bidang makanan juga mengembangkan variasi sayur sehingga orang yang tidak suka sayur tetap bisa menikmatinya. Namun, masih disayangkan jika pengetahuan masyarakat terhadap sayur dan buah dinilai sedikit.

Bacaan Lainnya
Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

Seperti misalnya, beberapa bagian yang terdapat pada buah atau sayur masih sering dibuang, padahal bagian bagian tersebut memiliki manfaat bagi Kesehatan lho. Yuk simak penjelasannya dibawah ini. 

1. Kulit apel 

Sudah menjadi hal umum jika seseorang mengupas kulit apel dan hanya memakan dagingnya saja. Hal itu dilakukan karena kulit apel cenderung keras. Namun tahukah kamu bahwa kulit apel mengandung quercetin. Quercetin merupakan antioksidan yang bisa menjaga Kesehatan paru paru dan otak kita.

Jangan berfikir bahwa kulit apel tidak memiliki nutrisi lho, faktanya kulit apel mengandung asam ursolat, yakni senyawa penting yang bisa melawan obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, kulit apel juga mengandung vitamin c yang bisa membantu kita dalam menjaga system kekebalan tubuh. bahkan, mineral seperti kalium, kalsium, folat, zat besi, dan fosfor yang memiliki fungsi memelihara tulang, mengatur pertumbuhan sel dan menghasilkan sel darah merah yang sehat  juga terkandung dalam kulit apel lho.

Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

Sebaiknya kamu belajar mengonsumsi apel beserta dengan kulitnya karena kaya akan nutrisi, kamu hanya perlu memastikan untuk membersihkannya dengan baik sebelum mengonsumsinya. Atau untuk menghindari teksturnya yang keras, kamu bisa campurkan kulitnya untuk menjadi jus apel. 

2. Kulit buah sitrus 

Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan clementine memiliki kandungan vitamin c yang tinggi dan kaya akan serat dan air. Namun seringkali kita hanya mengonsumsi dagingnya saja karena kulitnya yang asam dan juga pahit membuat kita tidak ingin mengonsumsinya. Padahal, menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004, menunjukkan bahwa kulit sitrus lebih ampuh untuk menurunkan kolestrol dibandingkan dengan beberapa obat resep dari dokter.

Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

Kulit sitrus mengandung senyawa flavon polmoksilasi yang mampu mencegah munculnya penyakit jantung dan peradangan dalam tubuh. karena rasanya yang asam dan pahit, banyak orang tidak tahan jika mengonsumsi kulitnya saja, maka dari itu, kamu bisa membuat menjadi olahan makanan atau campuran didalam jus.

Kamu juga bisa merendam bagian kulit sitrus didalam air, potong sesuai dengan keinginan, dan campurkan pada menu masakan. 

Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

3. Daun buah bit 

Buah bit termasuk dalam jenis umbi umbian, dengan bentuk seperti kentang dan memiliki warna ungu kemerahan. Buah bit sendiri merupakan akar akaran yang sering digunakan sebagai bahan makanan. Bit mengandung vitamin esensial, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat bagi tubuh. Buah bit bisa memasok kebutuhan vitamin C per hari sebanyak 7,4 persen, vitamin A harian sebanyak 0,3 persen, dan folat sebanyak 37 persen.

Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

Bit juga mengandung magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, tembaga, selenium, riboflavin, vitamin B-6, serta tiamin. Biasanya orang hanya akan mengonsumsi akar buah bit atau dagingnya saja dan membuang daunnya. Padahal kandungan yang serupa juga terdapat di daun buah bit. Di dalamnya ada kandungan kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin K tersembunyi dalam daun buah bit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolahnya dengan cara ditumis sama seperti sayur pada umumnya. 

4. Kulit semangka 

Kulit buah lain yang bisa dikonsumi adalah kulit buah semangka. Kulit semangka memiliki berbagai kadnungan didalamnya yang berguna bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, seng, dan dengan klorofil, citrulline, lycopene, asam amino, dan flavonoid dan senyawa fenolik. Selain itu kulit semnagka juga memiliki kalori yang cukup rendah. Setiap 3 cm kulit semangka mengandung 1,8 kalori.

Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

Manfaat kulit semangka ialah dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, mengatasi tekanan darah, dan membantu mengatasi prostat. Kamu bahkan bisa mengolah kulit semangka layaknya sayur yang dimasak.

5. Daun lobak 

Jangan Buang Bagian Ini Pada Buah dan Sayur!

Daun lobak juga bisa dikonsumsi dan memiliki banyak vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, protein, karbohidrat, dan serat. Daun lobak bisa dijadikan sebagai makanan rutin bagi orang yang sudah berusia karena dapat membantu mengobati rematik, mencegah diabetes, dan detoksifikasi. 

Itu dia lima manfaat dari bagian bagian pada buah dan sayur yang jarang kita ketahui. Mulai dari sekarang, daripada membuang bagian bagian tersebut, kamu bisa mencoba untuk mengolahnya menjadi masakan yang lezat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *