Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

  • Whatsapp
Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!
Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

Garisatu.com – Para perempuan rata rata memiliki alat make up kaladuarsa yang cukup banyak, mulai dari riasan mata, wajah, bibir, dan perlengkapan lainnya. namun satu hal yang jarang diperhatikan oleh mereka ialah masa penyimpanan produk dan tanggal pada make up kadaluarsanya.

Apalagi jika kita tidak setiap hari menggunakan make up, maka satu produk tersebut bisa digunakan bahkan hingga bertahun tahun.

Bacaan Lainnya

Tahukah kamu bahwa ada bahaya yang disebabkan jika kamu menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa? Tentu saja kita akan merasa ‘sayang’ jika make up kaladuarsa yang masih banyak isinya harus kita buang begitu saja.

Kamu bisa mensortir produk produk make up kadaluarsa mana saja yang sudah mau kadaluarsa sehingga bisa kamu gunakan terlebih dulu. Atau jika kamu memiliki produk yang terlalu banyak, kamu bisa membagikannya pada teman teman atau keluarga.

Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

Banyak yang masih belum mengetahui masa penyimpanan atau tanggal kadaluarsa produk sebab sebagian produk tidak mencantumkannya dengan jelas.

Namun ada beberapa ciri ciri make up kadaluarsa yang sudah kadaluarsa seperti tekstur yang berubah, kering, menggumpal, dan tidak bisa diaplikasikan dengan lembut lagi. Selain itu, kandungan kandungan di dalamnya juga tidak bisa berfungsi lagi jika sudah kadaluarsa.

Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

Untuk detail masa penyimpanan produk make up kadaluarsa, kamu bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

•          Bedak dan eye shadow bertekstur powder maksimal waktu penggunaan: 2 tahun

•          Lipstik dan lip liner: 1-2 tahun

•          Maskara dapat bertahan 3-4 bulan

•          Eye liner berteksur cair dapat bertahan 3-6 bulan

•          Foundation bertahan 6 bulan

•          Eye liner berbentuk pensil  bertahan hingga dua tahun

•          Kuas makeup dibersihkan satu minggu sekali menggunakan deterjen

•          Sponge makeup diganti tiap minggu atau ketika sponge sudah kotor

Jika kamu tetap menggunakan produk yang sudah kadaluarsa, dalam beberapa kasus, tidak hanya kandungan didalamnya yang tidak berfungsi saja namun juga bisa berubah menjadi toxic atau beracun, kemudian memberikan dampak buruk bagi kulit. Berikut ini 4 bahaya menggunakan make up kadaluarsa.

1.         Iritasi kulit

Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

Jika produk yang kamu gunakan seperti primer, foundation, bedak, krim wajah, dan sebagainya yang sudah kadaluarsa, kemungkinan besar kulitmu akan mengalami iritasi.

Kondisi seperti ini ditandai dengan munculnya rasa gatal, kemerahan, kering, hingga terjadinya pengelupasan kulit. Dalam kasus yang cukup berat, penggunaan make up kadaluarsa bisa memicu kanker kulit lho.

Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

2.         Munculnya jerawat

Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

Jerawat bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Rasanya kamu sudah mencoba berbagai macam skincare namun jerawat tak kunjung hilang? Mungkin inilah saatnya kamu harus mengecek tanggal kadaluarsa pada produk produk make up yang kerap kamu gunakan.

Karena, pada umumnya kandungan minyak yang terdapat didalam base makeup seperti foundation atau cream blush on akan menggumpal pada bagian permukaan.

Secara tidak langsung, ketika kamu mengaplikasikan ke wajah kamu, kandungan minyak tersebutlah yang diaplikasikan ke kulit. Tentu saja minyak itu kemudian menyumbat pori pori kamu yang dimana menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat.

3.         Pembengkakan bibir

Tidak bisa dipungkiri kosmetik untuk bibir bisa dibilang yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat.

Seorang perempuan bisa memiliki lebih dari 2 produk bibir didalam tasnya, mulai dari lip stick, lip gloss, lip cream, lip tint, lip balm dan lain sebagainya.

Karena terlalu banyak produk yang dimiliki, tidak heran jika kita tidak memperhatikan atau lupa tanggal kadaluarsa masing masing produk.

Padahal jika menggunakan produk bibir yang sudah kadaluarsa bisa menyebabkan bibir terasa perih, kasar, pecah pecah, kering, bahkan hingga mengalami pembengkakan lho.

4.         Menimbulkan masalah pada area mata

Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

Eyeshadow, eyeliner, dan maskara akan menonjolkan keindahan serta kecantikan matamu. Tetapi, jangan gunakan jika sudah kedaluwarsa, terlebih mata merupakan salah satu area tubuh kita yang paling sensitif.

Umumnya, makeup yang sudah kadaluarsa akan terjadi penumpukan bakteri, tentu saja jika terkena mata dapat memicu berbagai reaksi. Seperti mata menjadi merah, berair, terasa gatal maupun perih, hingga timbulnya benjolan di area mata.

Jangan Biasakan Gunakan Make Up Kadaluarsa, Ini Bahayanya!

Parahnya lagi, makeup kadaluarsa bisa berisiko membuat matamu mengalami infeksi mata yang membutuhkan perawatan khusus.

Itu dia bahaya bahaya yang bisa terjadi jika kamu menggunakan produk make up yang sudah kadaluarsa.

Serem bukan? Maka dari itu jangan lupa untuk selalu cek masa kadaluarsa makeup kamu secara berkala dan jangan mebeli terllau banyak produk make up jika kamu tidak perlu, untuk menghindari waste.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *