Anies: Setiap Warga Rentan Miskin Dapat Rp 880ribu

  • Whatsapp
Anies: Setiap Warga Rentan Miskin Dapat Rp 880ribu

Garisatu.com – Pemerintah DKI Jakarta dan Kementrian Sosial telah menyiapkan dana bantuan sosial sebanyak Rp4,57 triliun.

Dana tersebut akan dibagikan teruntuk para warga yang rentan miskin, sebanyak 2,6 juta orang akan mendapatkan Rp880 ribu per bulan khusus untuk bulan April dan Mei.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, menjelaskan bahwa warga rentan miskin yakni pedagang kaki lima, tukang bakso, dan tukang ojek. Menurutnya, merekalah pekerja yang kehilangan pendapatan rutinnya akibat wabah virus corona COVID-19.

Bacaan Lainnya

“Mereka selama ini ada pendapatan tapi begitu ekonomi alami kontraksi, mereka langsung kehilangan pendapatan,” ujar Anies.

Kebijakan ini disampaikan oleh Pak Anies ketika memberi laporan kepada Wapres RI Ma’ruf Amin mengenai wabah virus corona COVID-19 melalui teleconference pada Kamis (2/4).

Lanjut Pak Anies, Pemprov DKI, Kemensos, dan Kementerian Kemaritiman dan Investasi masih sedang memastikan data para warga yang tidak berkecukupan yang pantas menerima dana bantuan tersebut.

“Jadi angkanya sudah disepakati, besarannya juga sudah, tapi datanya masih dalam proses,” tutur Pak Anies.

Tambah Pak Anies, jumlah para orang miskin dan rentan miskin di ibu kota yang menerima bantuan sosial ada total 3,7 juta orang. Selain 2,6 juta warga rentan miskin tersebut, 1,1 juta warga miskin di ibu kota selama ini telah dibantu oleh DKI Jakarta

Presiden RI Joko Widodo juga telah memastikan dana bantuan dari pemerintah untuk 2,5 juta warga miskin di Jakarta yang terdampak wabah corona.

Meski beliau belum merinci jumlah dana yang akan dibagikan ke setiap orangnya, Pak Jokowi mengatakan bahwa jumlah tersebut didapat dari informasi yang diberi tahu Pak Anies.

Sebenarmya Jakarta memang wilayah yang menjadi sorotan karena status kasus positif terbanyak di seluruh Indonesia dipegang ibu kota.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *