Jajaran Peradilan di Indonesia Tidak Akan Hadiri Pemilihan Ketua Mahkamah Agung

  • Whatsapp
Jajaran Peradilan di Indonesia Tidak Akan Hadiri Pemilihan Ketua Mahkamah Agung
https://www.mahkamahagung.go.id/id

Garisatu.com – Pemilihan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA) yang akan dihelat esok, Senin (6/4) dipastikan tidak akan dihadiri seluruh aparatur peradilan pada satuan kerja pusat dan daerah. Keputusan ini merujuk hasil Rapat Pleno MA pada tanggal 2 April 2020, lalu.

Pemilihan Ketua MA dilakukan menyusul akan pensiunnya Muhammad Hatta Ali (Ketua MA saat ini) pada 7 April mendatang. Karena itu MA perlu menggelar pemilihan ketua untuk mengisi kursi yang akan ditinggalkan oleh Hatta Ali.

Bacaan Lainnya

Menurut keterangan tertulis Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Abdullah proses pemilihan akan diselenggarakan pada pukul 10.00 Wib (6/4), bertempat di ruang Prof. Kusumaatmaja, S.H. Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Akan ada 47 orang Hakim Agung yang akan bersidang untuk memilih ketua lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman ini. Seperti pemilihan pada periode sebelumnya, tiap hHakim Agung akan memilih secara langsung siapa yang bakal menjadi ketua MA periode mendatang.

Namun karena situasi pandemi virus Corona atau COVID-19 masih berlangsung, maka MA memutuskan acara ini tidak akan dihadiri oleh tamu undangan, begitupula dengan jajaran peradilan di daerah.

Sebagaimana bunyi Surat Edaran No. 3/2020 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia maka jajaran pengadilan di daerah dan pejabat di lingkungan MA (pusat) cukup menyaksikan prosesi tersebut bersama-sama lewat live streaming, chanel youtube MA Live.

MA juga menghimbau jajarannya ketika menyaksikan acara secara live agar memperhatikan protokol penanganan pencegahan penyebaran COVID-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *