Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

  • Whatsapp
Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!
Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Garisatu.com – Kesehatan mental seseorang sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Meskipun banyak yang menganggap sepele bahkan tidak menghiraukan gejala gejala penyakit mental pada seseorang, namun perlu ditegaskan bahwa penyakit mental jika tidak bitangani dengan baik bahkan bisa memicu depresi hingga bunuh diri dan hal hal lain yang tidak diinginkan. 

Untuk mengatasi penyakit mental pun termasuk cara yang gampang gampang susah. Butuh waktu, kesabaran, bahkan kekuatan dalam menghadapi segala pikiran ataupun trauma yang kita hadapi untuk kepentingan kesehatan mental.

Bacaan Lainnya

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Namun tahukah kamu, salah satu cara mudah  yang bisa kamu lakukan untuk terapi kesehatan mental yang sehat ialah dengan menulis? Berikut ini beberapa cara dalam menyehatkan mental kita dengan menulis:

1. Tuliskan keresahan yang kamu pendam selama ini 

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Perasaan-perasaan yang didalam diri atau pikiran kita terkadang sulit untuk kita bagikan dengan orang lain. Sebab orang lain belum tentu bisa mengerti dan memahami jika berada di posisi kita, jika seperti itu, maka yang kita rasakan bukanlah semakin baik namun bisa menjadi semakin buruk jika bercerita dengan orang yang salah.

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Sebagai alternatifnya, kamun bisa mencoba untuk menulis dan tumpahkan seluruh isi hati kamu dalam buku atau jurnal. Meskipun hanya dengan menuliskannya dan tidak mendapat respon layaknya berbicara dengan orang, namun kegiatan ini secara tidak langsung juga bisa melepaskan keresahan keresahan yang kamu rasakan.

Entah itu hari yang buruk, kejadian kejadian yang membuat kamu Kembali teringat dengan masa masa kelam, atau bisa juga menuliskan moment moment Bahagia yang ingin kamu ingat. Hal ini dapat menyehatkan mental kamu. 

2. Meningkatkan rasa bersyukur 

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Bersyukur itu penting untuk kesehatan mental kita terapkan didalam hidup kita. Disaat kita bersyukur, maka kita akan berada di kedamaian hidup kita tanpa harus merasakan kesal sedih atau kecewa jika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan.

Menulis hal hal yang membuat kamu bersyukur didalam sebuah jurnal akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan meningkatkan suasana hati kamu, tentunya kesehatan mental. Menurut sebuah studi psikologi terapan, menulis hal hal yang kamu syukuri selama 15 menit setap malam bahkan bisa membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak.

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Bersyukur adalah salah satu cure untuk kesehatan mental yang tidak hanya mempengaruhi kondisi ragamu saja namun juga mempengaruhi jiwa dan spiritualmu. Dengan menuangkan rasa syukurmu kedalam sebuah jurnal, ini akan membentuk kepribadian kamu secara perlahan dan kamu menjadi semakin rendah hati.

Sebab kamu menjadikan Tuhan sebagai sumber kekuatan yang memungkinkan segala hal baik terjadi di hidupmu. Kamu juga bisa menulis dalam blog sebagai alternatif menulis dalam jurnal.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa blogging bisa memicu pelepasan hormone dopamine yang membuat kamu merasa senang dan bugar. Kesehatan mental kamu adalah prioritas utama kamu.

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

3. Menulis membuat Bahagia 

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Sejujurnya kamu tidak hanya bisa menulis perasaan perasaan kecewa mu saja, namun kegiatan menulis disini juga mencakup segala hal, kamu bisa menulis artikel tentang berbagai topik yang kamu suka untuk meningkatkan mood, kesejahteraan, bahkan menurunkan tingkat stress kamu.

Adam Grant menemukan bahwa orang-orang yang bekerja di bidang penggalangan dana, berhasil meningkatkan penghasilan sebesar 29 persen dalam waktu 2 minggu setelah mengalihkan rasa stres dengan membuat jurnal harian.

4. Menulis membantu melewati masa masa sulit 

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Setiap orang pasti pernah mengalami masa masa sulit dalam kehidupan mereka. Disaat mengalami masa masa sulit ini tentunya orang akan kehabisan motivasi dan cenderung merasa putus asa. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perasaan tersebut ialah dengan menulis.

Bahkan berdasarkan pengamatan dari Adam Grant juga,  seorang insinyur yang belum lama berhenti bekerja, menuliskan pemikiran dan perasaan mereka tentang kehilangan pekerjaan, dilaporkan cenderung tidak melampiaskan emosinya lewat amarah, minuman keras, ataupun aktivitas fatal yang sia-sia.

Tiga bulan setelahnya, 26 persen mantan pegawai yang gemar menulis, mendapatkan pekerjaan setelah melalui 1 interview kerja saja. Pada bulan ke-8 pasca-penelitian, lebih dari 52 persen insinyur yang terbiasa menulis  secara ekspresif telah mendapatkan perkerjaan kembali. 

5. Kesehatan psikologis terjaga 

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Terapi menulis juga digunakan sebagai salah satu metode dalam psikologi klinis, untuk membantu pasien yang berjuang dengan masalah hidup. Menurut Karen Baikie, psikolog dari University of New South Wales, menuliskan peristiwa-peristiwa traumatik, penuh tekanan, serta penuh emosi bisa memperbaiki kesehatan fisik dan mental. 

Dalam studinya, Baikie meminta partisipan menulis 3 sampai 5 peristiwa hidup yang penuh tekanan selama 15-20 menit. Hasil studi menunjukkan, mereka yang menuliskan hal tersebut meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara signifikan daripada mereka yang menulis topik-topik netral.

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Lewat Menulis!

Pada awalnya, terapi menulis ekpresif ini akan meningkatkan kadar stres, menstimulasi suasana hati yang negatif, gejala-gejala fisik, serta menurunkan mood.

Akan tetapi, ke depannya banyak studi yang telah menemukan bukti mengenai manfaat terapi menulis bagi kesehatan. Para partisipan melaporkan, mereka merasa lebih baik, baik secara fisik maupun mental, setelah menulis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *