Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

  • Whatsapp
Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar
Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

Garisatu.com – Sebagai pengguna skincare, tentu kamu akan mencari tahu tentang produk skincare bagus muali dari cara pemakaian, review, hingga harga harganya. Namun pernahkah kamu disaat melihat video review skincare yang kamu minati, ada kata kata atau istilah yang tidak kamu pahami? Tentu kamu menjadi tidak mengerti maksud dari kalimat yang disampaikan karena kamu tidak tahu apa arti kata itu.

Terutama bagi kalian yang baru belajar menggunakan skincare, istilah istilah didalamnya harus kamu pahami. Maka dari itu, kita akan membahas istilah istilah didalam dunia skincare yang perlu kamu ketahui. 

Bacaan Lainnya

1. AHA 

Hayo, pasti sering kan mendengar istilah AHA ataupun BHA ? Pertama kita akan bahas AHA terlebih dahulu. AHA atau Alpha Hydroxy Acid adalah jenis asam yang berfungsi untuk pengelupasan (pembersihan) sel kulit mati. AHA biasa terkandung pada produk skincare yang bertujuan untuk exfoliasi. 

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

AHA diketahui memiliki banyak manfaat bagi kulit seperti mengurangi efek penuaan dini, menyamarkan garis kerutan, mengurangi pembesaran pori pori, membantu mengatasi masalah pigmentasi, menyamarkan bintik hitam akibat usia, membantu proses pengelupasan kulit, mengencangkan dan menghaluskan kulit, dan mengurangi luka bekas jerawat. Banyak sekali bukan manfaat dari AHA ini? 

2. BHA 

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

BHA merupakan teman dari AHA. BHA atau Beta Hydroxy Acid. Cara kerjanya mirip dengan AHA, yaitu untuk mengeksfoliasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati secara efektif. Namun BHA memiliki sifat  lebih kuat dari AHA, sehingga tidak cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Kegunaan AHA dan BHA memiliki kemiripan, hanya saja berbeda tergantung kegunaan terhadap kulit.

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

Produk yang menonjolkan BHA atau beta hydroxy acids cenderung cocok digunakan untuk mengatasi jerawat dan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Asam golongan BHA dapat masuk ke folikel untuk mengendalikan minyak berlebih, serta melancarkan pori-pori dengan menyingkirkan sel kulit mati.

Dengan perannya tersebut, asam golongan BHA cocok digunakan bagi jenis kulit yang kombinasi hingga kulit berminyak.

3. Acid 

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

Kamu juga pasti sering mendengar kata Acid didalam kandungan skincare. Seperti salicylic acid, dan hyaluronic acid. Acid atau asam, selain terdapat dalam bahan makanan, ada juga di dalam produk kecantikan. Zat kimia ini memiliki pH kurang dari 7 yang fungsinya berbeda-beda tergantung setiap acid.

Hyaluronic Acid atau yang biasa disebut HA merupakan kandungan yang diperlukan kulit tubuh dan wajah untuk menjaga kelembapan kulit. Hyaluronic acid sebenarnya bukan hanya diperlukan oleh kulit wajah, tapi juga menjadi salah satu kandungan yang menjadi pelumas bagi sendi-sendi manusia.

Sedangkan salicylic acid memiliki kandungan yang akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan jerawat. Selain itu, salicylic acid paling efektif dalam mengatasi blackhead dan whitehead karena dapat langsung membersihkan pori-pori dan membantu regenarasi kulit.

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

4. Anti oxidant

Anti-oxidant adalah senyawa yang berfungsi untuk mengurangi dampak dari radikal bebas. Sedangkan Radikal bebas merupakan molekul yang sangat tidak stabil yang disebabkan oleh lingkungan seperti polusi, asap rokok, dan radiasi. Molekul tersebut terbuat dari atom dan atom terbuat dari pasangan elektron.

Ketika atom kehilangan elektron, itulah saat Anda memiliki radikal bebas. Beberapa skincare mengandung antioksidan didalamnya guna mencegah radikal bebas. Selain dari skincare, anda juga bisa mengonsumsi buah buahan yang mengandung antioksidan alami seperti bluberi, stoberi, plum, jeruk, anggur, ceri, mangga, atau daun kale. 

5. Booster 

Booster dapat memberi nutrisi dengan konsentrasi tinggi untuk mengatasi masalah kulit secara efektif. Booster bisakamu temukan di banyak produk skincare tergantung dari kegunaan produk tersebut. Seperti contoh, hydrate booster, berarti produk tersebut bisa meningkatkan hidrasi kulit agar tidak kekeringan.

6. Double cleansing

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

Istilah yang satu ini mungkin lebih mudah dimengerti. Double cleansing berarti membersihkan wajah dengan dua tahapan. Tahapan pertama bisa dilakukan dengan micellar cleansing water atau produk cleanser lainnya untuk membersihkan make up di atas permukaan wajah, lalu dilanjut dengan face wash atau sabun wajah untuk membersihkan wajah dengan maksimal.

7. Hypo allergenic 

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

Produk kosmetik atau skincare dengan tag Hypo allergenic berarti produk tersebut diformulasikan untuk sebisa mungkin untuk tidak menimbulkan reaksi alergi.

8. Purging 

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

Purging merupakan reaksi kulit untuk mempercepat pengelupasan sel kulit mati karena zat aktif di produk yang baru kamu gunakan. Istilahnya, purging adalah waktu di mana kulit kamu mencoba untuk beradaptasi dengan produk yang baru kamu kenakan. Biasanya terjadi dengan cepat dan mudah sembuh.

9. Breakout 

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

Breakout merupakan kondisi kulit yang iritasi dan berjerawat. Breakout bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena tidak cocok dalam menggunakan produk tertentu atau karena perubahan hormon. Breakout bisa berupa iritasi dan ruam sampai jerawatan yang enggak hilang-hilang.

10. Blemish 

Istilah Dalam Skincare Yang Jarang Didengar

Blemish merupakan kondisi kulit yang tampak tidak sempurna. Blemish bisa berupa tekstur kulit yang tidak merata seperti bopeng, luka bekas jerawat, komedo, noda hitamdan berwarna kemerahan yang membuat kulit wajah tidak halus dan bersih.

Nah itu dia 10 istilah didalam skincare yang jarang diketahui artinya. Sekarang, kamu sudah paham kan ? 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *