Ini Manfaat Charcoal Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui!

Ini Manfaat Charcoal Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui!

Garisatu.com – Arang aktif atau yang lebih dikenal sebagai charcoal kini banyak digunakan dalam dunia Kesehatan hingga kecantikan. Arang ini merupakan hasil dari pembakaran kelapa, kayu bamboo, dan bahan tanaman lainnya. Arang aktif kemudian ditumbuk menjadi bubuk, lalu dicampurkan kedalam makanan. Makanan yang dicampurkan dengan arang aktif ini mungkin akan memiliki tekstur sedikit berpasir, sebab sifat arang yang tidak larut dalam air. Akan tetapi mungkin juga makanan tetap memiliki tekstur yang lembut jika arang ditumbuk hingga sangat halus.

Arang aktif merupakan bahan yang baik untuk mengikat racu atau zat kimia seperti sianida, formalin, asam lemak, racun tanaman, dan juga merkuri.

Bacaan Lainnya

Mendengar bahwa arang merupakan hasil pembakaran dari kelapa dan kayu bamboo membuat sebagian orang ragu untuk mengonsumsinya sebab takut tidak aman bagi tubuh.

Akan tetapi jangan ragu lagi sebab arang aktif ini sangat aman untuk dikonsumsi. Bahkan memiliki banyak manfaat sehingga banyak digunakan baik dalam dunia kecantikan, makanan, hingga Kesehatan. Berikut manfaat manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bubuk hitam ini.

1.         Memutihkan gigi

Permukaan gigi kita bisa saja menguning. Ini disebabkan oleh berbagai factor, misalnya mengonsumsi kafein berlebih seperti the dan kopi, atau merokok dan minum alcohol. Kamu bisa mengembalikan warna alami gigi kamu yang cerah sekaligus menjaga Kesehatan mulut kamu dengan arang aktif. Zat ini memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar keasaman dalam mulut, mencegah gigi berlubang, mengusir bau mulut, dan meredakan penyakit gusi.

Anda bisa basahi sikat gigi anda dan oleskan pada bubuk arang aktif ini. lalu sikat gigi seperti biasa, perhatikan terutama bagian yang menguning atau bernoda. Kemudian kumur hingga bersih dan pastikan minum cukup air setelahnya.

2.         Meredakan perut kembung dan masuk angin

Sebuah penelitian dalam American Journal of Gastroenterology membuktikan bahwa arang aktif mampu mengikat zat-zat yang menghasilkan gas berlebih dalam sistem pencernaan Anda.

Zat-zat tersebut biasanya berasal dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Anda bisa mengonsumsi satu butir norit dan minum air sebanyak mungkin supaya bisa mempercepat proses pembuangan cairan atau gas berlebih dalam tubuh.

3.         Menawar racun

Charcoal biasanya selalu disediakan di instalasi gawat darurat sebab kegunaannya yang paling umum ialah menawar racun. Charcoal bekerja mengikat racun atau zat kimia seperti merkuri dan pestisida dalam tubuh.

Namun untuk mendapatkan manfaatnya sebaiknya penawar ini segera dikonsumsi setelah racun atau zat kimia memasuki tubuh, sebelum masuk ke usus halus dan diserap oleh tubuh.

Sebab charcoal tidak akan tertinggal dalam tubuh, sehingga setelah berhasil mengikat racun dan zat kimia, charcoal akan ikut terbuang bersama dengan urin atau feses. Perlu diingat bahwa tidak semua racun atau zat kimia bisa diikat oleh charcoal.

Keracunan alkohol, sianida, dan litium adalah beberapa contoh yang tak bisa diatasi dengan mengonsumsi charcoal, jadi Anda harus segera mengontak layanan darurat.

Ini Manfaat Charcoal Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui!

4.         Mengusir bau badan

Salah satu masalah yang menjadi penyebab bau badan atau nafas yang tidak sedap ialah karena pembuangan racun dan toksin dalam tubuh. Cobalah untuk rutin mengonsumsi pila rang aktif dan minum air sebanyak banyaknya.

Dengan memaksimalkan pembuangan racun didalam tubuh, maka tubuh akan bersih dari berbagai bakteri dan sisa sisa zat yang menyebabkan bau badan.

5.         Mengobati jerawat

Arang aktif memang memiliki kemampuan untuk meredakan jerawat. Maka tidak heran jika arang aktif pun banyak kamu temukan didalam produk kecantikan atau skincare.

Kamu juga bisa mencampurkan bubuk arang aktif dengan dua sendok teh lidah buaya kemudian oleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

6.         Mencegah penuaan dini

Penuaan memang merupakan proses alami yang akan dialami oleh siapa pun seiring bertambahnya usia. Namun penuaan juga bisa terjadi sejak dini karena factor luar seperti gaya hidup, polusi, dan juga dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Untuk menjaga fungsi normal ginjal dan hati dari proses penuaan dini, bersihkan segala racun dan zat kimia berbahaya dengan mengonsumsi arang aktif. Jadi setelah Anda mengonsumsi junk food, sayur atau buah yang tidak organik, atau menghirup asap rokok, segera minum pil dengan zat arang aktif.

Pos terkait