DKI Jakarta Berlakukan PSBB, Ini Catatan Komnas HAM Buat Anies Baswedan

  • Whatsapp
DKI Jakarta Berlakukan PSBB Ini Catatan Komnas HAM Buat Anies Baswedan

Garisatu.com – Sehubungan dengan penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ibu kota negara, DKI Jakarta Komnas HAM RI telah melayangkan surat kepada Gubernur DKI Jakarta pada Rabu (8/4). Surat tersebut berisikan catatan Komnas HAM kepada Gubernur DKI Jakarta.

Sebagai telah diketahui khalayak umum, bahwa pada Selasa petang (7/4) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta akan diberlakukan secara efektif pada Jumat 10 April mendatang. Peryataan tersebut disampaikan Anies usah menggelar rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta di Balaikota.

Menanggapi hal itu Komnas HAM mendukung sikap pemerintah provinsi DKI Jakarta yang memutuskan untuk melakukan PSBB. Mengingat langkah itu merupakan bagian dari upaya mencegah meluasnya penularan wabah virus Corona (COVID-19).

Bacaan Lainnya

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik melalui keterangan tertulis (8/4) mentakan bahwa kebijakan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Undang-Undang No. 6 tahun 2018 jo. Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 jo. Permenkes No. 9 Tahun 2020.

“Komnas HAM juga memberikan apresiasi yang tinggi dan mendukung sepenuhnya langkah-langkah positif pemerintah DKI Jakarta dalam memerangi COVID-19 untuk melindungi hak kesehatan, hak hidup, dan hak asasi lainnya bagi seluruh warga DKI Jakarta,” sebut Taufan.

Meskipun sepakat dengan pemberlakuan status PSBB di DKI Jakarta, Komnas HAM memberi sepuluh poin catatan dalam implementasi PSBB yang akan berlaku selama 14 (empat belas) itu. Catatan Komnas HAM ini sudah sejalan dengan tugas dan fungsi Komnas HAM berdasarkan UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *