Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

  • Whatsapp
Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini
Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

Garisatu.com – Jamur atau cendawan merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur terdiri atas uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya pun terdiri atas benang-benang yang disebut hifa. Hifa juga dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

Biasanya, jamur banyak digunakan sebagai topping dalam masakan, atau dijadikan cemilan seperti jamur goreng. Jenis jenis jamur pun ada beragam sekali, tetapi tidak semua jenis jamur bisa kamu konsumsi. Jamur jamur yang dilarang seperti jenis jamur deadly dapperling, destroying angels, dan webcaps.

Bacaan Lainnya

Namun mushroom yang bebas dikonsumsi biasanya dijadikan tambahan pada berbagai masakan. Teksturnya yang lembut seperti daging dan rasanya lezat membuat mushroom cocok untuk dijadikan olahan makanan.

Mushroom dapat membuat tubuh menjadi sehat karena mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat. Mushroom memang mudah untuk dinikmati saat makan, namun dalam mengolahnya tergolong sedikit susah karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

Salah satunya ialah aroma yang berasal dari mushroom kurang sedap. Oleh karena itu, kamu harus mengolah dengan benar supaya mushroom tidak bau dan menghasilkan rasa yang nikmat.

            1.         Memilih mushroom yang masih segar

Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

Tentu kesegaran suatu makanan akan berpengaruh pada rasa dan kualitasnya. Termasuk mushroom. Saat hendak membeli mushroom, kualitas jamur menjadi hal utama yang harus kamu perhatikan.

Baik membeli di pasar maupun supermarket, sebaiknya memilih mushroom dengan kondisi bentuk yang utug, bersih, dan tidak berair, sebab jamur merupakan bahan makanan yang cenderung mudah membusuk atau rusak.

Mushroom yang kurang segar akan mengakibatkan makanan kurang sedap ketika mengolahnya. Oleh karena itu, diperlukan untuk memilih jamur yang baik.

            2.         Hindari membersihkan mushroom dengan air

Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

Jamur dikenal sebagai bahan makanan yang mudah menyerap air. Tidak semua mushroom bisa dibersihkan dengan menggunakan air bersih. Salah satu jenis jamur yang bisa dicuci hingga bersih ialah mushroom tiram.

Untuk jenis mushroom yang lainnya, kamu hanya cukup lap menggunakan kain yang lembap agar kontoran yang terdapat pada mushroommenghilang.

Namun, jika memang kotoran yang ada di mushroom tidak hilang bisa mencucinya dalam keadaan masih utuh. Setelah dicuci keringkan dengan tissue makan dan segera dimasak.

            3.       Mushroom harus dalam keadaan kering

Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

Mushroom sama seperti sayuran lainnya, yaitu harus dibersihkan sebelum mengolahnya. Saat hendak membersihkan mushroom dengan lap lembap ataupun mencuci dengan air, keringkan dengan lap atau tissue.

Hal ini bertujuan supaya mushroom tidak lembek. Mushroom bisa menjadi lembek disebabkan oleh kandungan air yang ada di dalam mushroom dan sifatnya yang mudah menyerap air.

Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

            4.         Simpan kardus dengan kardus kecil

Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

Ketika kamu membeli mushroom, namun belum ingin digunakan, kamu bisa menyimpannya terlebih dulu. Namun mushroom memerlukan siklus udara supaya tidak mudah rusak dan membusuk.

Sama halnya dengan sayuran lainnya, hindari menyimpan mushroom di dalam kantung plastik atau menutupnya dengan plastic wrap. Pilihlah bahan yang terdapat lubang siklus udara, seperti kantong kertas berwarna coklat dan kardus kecil.

Hal ini dilakukan supaya tetap menjaga keutuhan dari bentuk mushroom dan mencegah kondisi busuk yang lebih cepat.

            5.         Batang mushroom juga bisa diolah menjadi makanan atau minuman

Ingin Memasak Jamur? Wajib Perhatikan 7 Hal Ini

Sering kali saat mengolah mushroom, bagian batang tidak digunakan dan akhirnya dibuang ke tempat sampah. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi bahwa batang mushroom sebenarnya bisa diolah menjadi berbagai masakan dan minuman.

Kamu perlu mengetahuinya, mushroom yang memiliki batang halus dapat diolah bersamaan dengan jamurnya. Sedangkan, Mushroom yang memiliki batang beraroma seperti kayu bisa diolah menjadi kaldu mushroom.

Tidak hanya itu, jenis mushroom burke juga bisa diolah menjadi minuman lho. Kamu bisa mengambil batangnya dan mencampurkannya ke dalam teh.

            6.         Masak menggunakan api besar dan minyak

Langkah awal yang dilakukan saat mengolah mushroom ialah memasaknya dengan menggunakan mentega atau minyak dan menggunakan api besar. Hal ini bertujuan supaya kandungan air yang diserap oleh mushroom bisa kering dan matang secara sempurna.

Memasak mushroom dengan keadaan yang kering dapat menambah tingkat kenikmatan dan kelezatan saat memakannya.

            7.         Mengolah mushroom dengan bumbu dan rempah

Mushroom memang dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki bau kurang sedap. Setelah air pada mushroom sudah mengering, kamu bisa mengolahnya dengan memberi bumbu dan rempah.

Jika kamu mengolah mushroom dengan ditumis, kamu bisa menambahkan bawang merah dan putih dengan jumlah yang banyak untuk mengurangi bau kurang sedap yang berasal dari jamurnya. Kamu juga bisa memasukkan serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk supaya semakin lezat saat memakannya.

Itulah beberapa hal yang Mama bisa perhatikan saat mengolah mushroom. Semoga informasi di atas bermanfaat dan memudahkan memasak mushroom ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *