Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

  • Whatsapp
Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Garisatu.com – Ingin berlari termasuk olahraga yang mudah dilakukan, tanpa butuh perlengkapan yang banyak. Baik oberlari atau jogging bisa menjadi cara yang baik bagi tubuh supaya tetap aktif dan mungkin juga bisa menambahkan beberapa manfaat Kesehatan didalam tubuh kita.

Akan tetapi banyak yang tidak disadari oleh orang orang yang berlari ialah jika lari tidak dilakukan dengan benar maka bisa menimbulkan kesalahan kesalahan yang bisa merusak tujuan kita yang sesungguhnya. 

Bacaan Lainnya
Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini. Kesalahan apa saja yang tanpa kita sadari sering kita lakukan, seperti yang dilansir dari The Healthy.

1.         Menetapkan terget yang tidak realistis

Bagi orang yang menyukai lari atau berlari karena ada target yang harus dicapai, mungkin berlari bisa menjadi sangat menyenangkan saat memulainya.

Tetapi bagaimanapun juga kita tidak boleh menetapkan target yang terlalu tinggi saat berlari. Seorang pelatih pribadi bersertifikat, Meghan Kennihan mengatakan bahwa jadilah cerdas dan tetapkan target yang tepat saat kita berlari.

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Awalilah permulaan lari dengan bersenang senang terlebih dulu, dimulai dengan jarak dan kecepatan yang membuat kamu nyaman. Tujuan awal kita ialah untuk menikmati proses lari itu sendiri.

Jadi, jika kamu seorang pemula, jangan memulai seolah olah kamu sedang berlari marathon. Bukannya sehat, malah kamu bisa mengalami cedera dan kemungkinan menjadi jera atau kapok jika kamu terlalu memaksakan diri.

2.         Peregangan yang salah

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Sebagian besar pelari percaya bahwa mereka perlu melakukan peregangan seblum mulai berlari. Jadi biasanya mereka akan memanjangkan kaki untuk meregangkan bagian paha belakang atau meregangkan betis di trotoar.

Padahal, sebenarnya peregangan statis ialah ide yang buruk sebelum berlari karena bisa menghambat kinerja lari dan juga bisa menyebabkan cedera.

Bahkan peregangan yang salah bisa menyebabkan penurunan fungsi otot. Alih alih melakukan peregangan statis, beralihlah pada peregangan dengan serangkaian Gerakan dinamis yang melatih otot otot untuk pemanasan.

3.         Tidak makan seblum berlari

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Banyak pula orang yang salah kaprah mengenai perihal makan atau tidak sebelum ingin berlari. Penting bagi kita untuk mengisi bahan bakar tubuh dengan nutrisi yang tepat sebelum memulai berlari dan mengatur waktu makannya.

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Namun bukan erarti kamu makan berselang satu jam untuk berlari. Cara terbaik untuk mendapatkan tenaga saat ingin berlari ialah mengkonsumsi karbohidrat kompleks 2 hingga 4 jam sebelum kamu ingin berlari.

Jika kamu hanya ingin berlari santai, kamu cukup mengonsumsi porsi yang seidkit sebelum lari.

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

4.         Berlari terlalu cepat

Ingin berlari dengan sprint atau berlari terlalu cepat hanya akan membuat kita merasa mudah Lelah. Untuk mengatasi kelelahan dini, larilah dengan kecepatan perlahan pada awal latihan.

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Hal ini juga bisa memberikan efek jangka Panjang yang positif pada Kesehatan.

Sebuah studi dalam Journal of American College of Cardiology menemukan, bahwa pelari ringan dan moderat memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada yang berlari lebih cepat dari 7 mph.

5.         Keliru dalam mengayunkan lengan

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Supaya kita bisa berlari dengan nyaman, kita perlu menyelaraskan bagian tubuh kita yang lain dengan Gerakan kaki kita. Bayangkan lengan anda sebagai dayung yang ada di sebelah perahu.

Lengan kita bisa membantu mendorong tubuh jika kita bergerak selaras. Dan sebaliknya, akan memperlambat jika tidak sinkron. Jaga tangan dan lengan tetap rileks. Lalu, ayunkan di samping, daripada bergerak secara horizontal melintasi tubuh.

6.         Tidak cukup terhidrasi

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Meghan Kennihan juga mengungkapkan bahwa banyak pelari yang menderita dehidrasi sebab mereka meremehkan jumlah air yang dibutuhkna selama pelatihan. Kita dapat menguji apakah kita minum cukup air dengan menimbang diri sendiri sebelum dan sesudah berlari.

Selain itu, kita juga dapat memeriksanya lewat warna urin. Jika warnya kuning muda, maka dapat dipastikan kita cukup terhidrasi.

“Tapi waspadalah juga dengan hal seperti overhidrasi. Jadi, minumlah ketika haus dan dengarkan tubuh kita,” saran dia.

7.         Mengambil langkah yang terlalu Panjang

Ingin Berlari? Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!

Kita mungkin merasa berenergi saat melintasi trek, tetapi jika langkah kita terlalu panjang itu benar-benar dapat melukai performa kita.

“Ketahanan bergantung pada langkah pendek, rendah, efisien, tanpa upaya otot atau gerakan vertikal yang terbuang sia-sia,” ungkap pelatih dan ahli gizi olahraga, Amanda Dale.

“Langkah per menit yang ideal adalah 160 hingga 170. Jadi, ada baiknya mengambil beberapa menit untuk menghitung dan membandingkan langkah,” imbuh dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *