Indonesia Bebas Virus Corona: Jadi Perhatian #1 Dunia!

  • Whatsapp
indonesia bebas dari virus corona

Garisatu.com – Hingga kini Indonesia masih terbebas dari Virus Corona. Hal ini membuat seluaruh perhatian dunia tertuju pada Indonesia.

Berstatus bebas virus Corona merupakan hal yang baik karena berbagai negara tetangga kini sudah tercemar virus Corona tersebut.

Segala penjuru negara dari Asia hingga Eropa hampir mendapati adanya korban virus corona. Tapi hal ini tidak terjadi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Indonesia sendiri termasuk negara satu-satunya yang terbebas dari virus mematikan yang berasal dari Wuhan tersebut. Belum terdapat satupun kasus virus Corona di Indonesia.

Negara sebesar Indonesia dengan mayoritas penduduk yang sangat padat melebihi mayoritas penduduk negara lainnya seperti Malaysia atau Singapore hingga kini belum mendapati satupun korban jiwa akibat virus Corona.

Hal baik ini menjadi sorotan utama bagi negara tetangga lainnya dan juga tentunya disoroti oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Dikutip dari The Sydney Morning Herald, WHO menyatakan bahwa Indonesia sebagai satu-satunya negara bebas Virus Corona harus berbuat lebih banyak.

Hal ini berarti bantuan tenaga dari Indonesia sangatlah diperlukan oleh negara tetangga dan juga pencegahan dari negara Indonesia sendiri perlu ditingkatkan mengingat banyaknya mayoritas penduduk dalam negeri.

Kekhawatiran pada Indonesia tidak berhenti meski hingga kini Indonesia dinyatakan masih terbebas dari virus corona.

WHO menegaskan agar Negara Indonesia lebih waspada dan meningkatkan pertahanan negara sedini mungkin terutama sektor kesehatan.

Kekhawatiran ini tentu menjadi perbincangan utama mengingat 270 juta penduduk Indonesia belum ada satupun yang dilaporkan terjangkit virus Corona.

Dikabarkan bahwa sejumlah warga Australia yang menetap di Bali didiagnosa menderita pneumonia atau radang paru-paru.

Namun disayangkan bahwa pengujian oleh otoritas kesehatan masih sangat terbatas sehingga tidak bisa mendeteksi adanya Virus Corona atau tidak.

Dr. Navaratnasamy Paranietharan perwakilan dari WHO Indonesia mengatakan bahwa negara Indonesia telah bersiaga menghadapi masalah ini.

Kewaspadaan telah ditingkatkan termasuk penyaringan di perbatasan bandara internasional dan rumah sakit yang bertanggung jawab dalam menangani kasus-kasus ini.

“Indonesia sedang melakukan persiapan untuk menghambat masuknya virus corona baru,” tutur Dr Navaratnasamy Paranietharan.

Meski kewaspadaan telah ditingkatkan, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam bidang pengawasan, pendektesian kasus, dan kesiapan fasilitas yang diperlukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *