HRWG Protes Penangkapan Jurnalis Mongabay

  • Whatsapp
HRWG Protes Penangkapan Jurnalis Mongabay
Philip Jacobson (Courtesy of/news.mongabay.com)

Kronologis Penindakan oleh Imigrasi

Philip tiba di Palangkaraya pada 14 Desember 2019 untuk menghadiri pertemuan dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). Pada 17 Desember 2019, saat akan menuju bandara untuk terbang meninggalkan Palangkaraya, Philip didatangi di wisma tempatnya menginap.

Oleh petugas imigrasi di sana paspornya disita. Tidak berhenti disitu. Dirinya juga diinterogasi selama empat jam. Usai pemeriksaan,  dengan dalih menunggu proses penyelidikan petugas imigrasi menetapkan tahanan kota terhadap Philip.

Bacaan Lainnya

HRWG Kecam Penangkapan Philip

Penangkapan dan penahanan Philip direspon organisasi pembela HAM. HRWG mengungkap bahwa telah terjadi pelanggaran hak kebebasan ekspresi dan pers yang dijamin di Indonesia. Dan tentu saja bertentangan dengan pernyataan pemerintah Indonesia. Dimana selalu dikatakan bahwa kebebasan pers dijamin, termasuk bagi warga negara asing.

HRWG menyayangkan terjadinya penangkapan sewenang-wenang atas aktivitas jurnalisme. Karena tindakan yang demikian itu jelas-jelas bertentangan dengan HAM. Baik yang berlaku universal maupun seperti yang termuat di dalam Konstitusi Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *