HIPWI-FKPPI Gelar Webinar Tips Membangun Usaha Rumahan

  • Whatsapp
HIPWI-FKPPI Gelar Webinar Tips Membangun Usaha Rumahan

Garisatu.com – Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) FKPPI, Kamis (18/6) sore menggelar webinar bertajuk “Tips & Trick Usaha Rumahan Service Berbintang” dengan Nadia Tanza sebagai narasumber.

Usaha rumahan merupakan alternatif yang dapat ditempuh baik sebagai bisnis sampingan bahkan bisa menjadi bisnis pokok.

Bacaan Lainnya

Apalagi seperti situasi saat ini, selain pengaruh distrupsi teknologi informasi (IT) perubahan gaya hidup atau perubahan sosial kian dipercepat dengan pandemi COVID-19.

Peserta webinar kali ini tidak hanya diikuti dari internal keluarga besar Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI (FKPPI), melainkan diikuti pula kalangan eksternal seperti akademisi, mahasiswa hingga ibu rumah tangga.

Menurut Ketua Umum HIPWI-FKPPI Toro Sudarmadi, imbas dari kondisi wabah virus Corona tidak saja menelan korban jiwa, tetapi merenggut penghasilan sebagai dampak dari keputusan pengurangan tenaga kerja oleh perusahaan atau industri. Selain itu tidak sedikit pekerja yang harus Work From Home.

“Dengan melihat situasi tersebut HIPWI-FKPPI berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi anggota FKPPI, diantaranya dengan mendatangkan para narasumber yang dapat memberikan motivasi, dan memberikan wawasan khususnya pada usaha–usaha yang akan dan telah dijalani para anggota FKPPI,” papar Toro.

Toro menaruh harap agar era disrupsi teknologi yang tak terelakkan lagi dapat dimanfaatkan buat meningkatkan produktifitas, dengan beradaptasi (perubahan cara hidup) dan berinovasi.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal FKPPI Susetya Herawati mengaku tema webinar yang dipilih kali ini sangat menarik dan aplikatif.

Hal ini terlihat dari tingkat kehadiran dan antusias peserta menyimak pengetahuan yang diberikan narasumber.

Demi memenuhi kebutuhan tiap peserta akan konsep dan strategi menjalankan bisnis rumahan, penyelenggara sampai memperpanjang waktu pelaksanaan webinar tersebut.

Susetya Herawati yang juga sebagai moderator dalam acara tersebut mengungkap bahwa melalui edukasi yang diberikan oleh Nadia Tanza, seorang master training mampu memberikan jalan keluar bagi para peserta yang telah dan akan menggeluti usaha di rumah.

HIPWI FKPPI Gelar Webinar Tips Membangun Usaha Rumahan

Service Adalah Kunci Membangun Usaha Rumahan

Nadia menjelaskan bahwa ada 3 kunci dalam membangun usaha rumahan, yaitu product, service dan delivery (PSD). Terkait dengan “Service” aktifitas menjual product saja tidak cukup.

Meskipun seseorang menggeluti usaha berskala rumahan tidak berarti harus mengabaikan pelanggan.

Karena itu pengusaha ‘rumahan’ dituntut pula memiliki kemampuan membangun loyalitas pelanggan (customer).

Caranya? Service kepada pelanggan menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia usaha, tidak terkecuali bagi usaha rumahan.

Perempuan yang akrab disapa Adis ini juga menambahkan selain itu terdapat enam tahapan dalam membangun model service yang dapat mendorong sukses dalam berwirausaha, yakni Mindset Service, Service level, Service Quality Dimention, Customer Experiance , Standard Operation Procedure dan yang terakhir ialah Star Service Skill.

Menjelang berakhirnya acara, turut disosialisasikan pula bahwa HIPWI tengah membangun satu media edukasi dan promosi yang diperuntukkan bagi kalangan keluarga besar FKPPI, yakni HIPWI Connect.

Salah satu media yang terintegrasi dalam program HIPWI Connect ini ialah wahana promosi yang dapat diakses melalui akun instagram @hipwiconnect.

Sedangkan instrumen penyebaran informasi dan edukasi melalui website dan kanal YouTube masih dalam tahap persiapan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *