Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

  • Whatsapp
Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!
Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

Garisatu.com – Pusing membedakan telur basi dan telur fresh? Sebagaimana diketahui telur menjadi salah satu bahan makanan yang digemari banyak orang. Karena rasanya yang enak, dan juga cara pengolahannya yang sangat mudha serta mudah didapatkan. Tidak hanya di Indonesia saja bahkan hampir seluruh penjuru dunia. Dan biasanya orang akan menyetok telur di rumah supaya bisa dikonsumsi kapan pun.

Biasanya orang orang akan menyimpan telur di dalam lemari dapur atau kulkas dan dibiarkan selama berminggu minggu untuk dimasak dalam jangka waktu tertentu.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, ketika terlalu lama disimpan, akan menjadi sulit bagi kita untuk mengetahui kesegaran dari telur itu sendiri. terkadang kita tidak mengetahui telur telah membusuk basi dan memasaknya diatas wajan.

Tentu saja bau telur basi akan sangat menyengat hingga seluruh ruangan. Dan belum lagi jika kita menambahkan telur tersebut keatas masakan yang sudah siap dihidangkan, terpaksa kita harus membuang seluruh makanan itu.

Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

Sebab telur yang busuk tidak dapat kita lihat dengan menggunakan mata telanjang atau dengan menciumnya, Jadi bagaimana cara mengetahui apakah telur yang disimpan itu segar atau tidak?

Dilansir beberapa sumber, ada beberapa cara dalam menguji kelayakan telur, apakah itu baik untuk dikonsumsi atau tidak, berikut di antaranya.

1.         Lakukan tes dengan menggunakan air

Kamu bisa mengecek kesegaran sebuah telur dengan tes menggunakan air. Isi gelas tinggi dengan air dan masukkan telur kedalamnya.

Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

Jika posisi telur tenggelam dan terletak horizontal di dasar air, maka menandakan telur tersebut segar dan sempurna untuk direbus atau diaduk menjadi telur campuran adonan kue.

Namun jika posisi telur mengapung sedikit secara vertical dan miring ke bagian tengah, maka menandakan telur tersebut tidak terlalu segar, namun masih bisa dikonsumsi sebagai teluk orak arik atau telur dadar.

Akan tetapi, jika telur mengapung, maka segera buang dan jangan pernah dikonsumsi karena itu pertanda telur sudah basi.

2.         Perhatikan warna putih telur

Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

Jika tidak sempat menguji telur dalam air, maka kamu bisa memperhatikan bagian putih telurnya.

Telur yang paling segar akan memiliki warna putih keruh. Dan ketika telur menua, maka putihnya akan mulai berubah menjadi warna putih bening (yang berarti telur tersebut masih segar).

Sebaliknya jika telur berwarna merah muda atau warna-warni dan sedikit berbau busuk setelah pecah berarti telur yang kamu simpan sudah busuk.

Jika kamu memecahkan telur dan mulai mencium bau busuk, pastikan untuk membuangnya dan tentunya tidak menggunakannya untuk memasak.

Cuci mangkuk atau piring yang menjadi wadah telur busuk dengan air sabun panas sebelum digunakan kembali.

3.         Tes dengan dikocok

Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

Untuk menguji telur yang tidak pecah, cobalah untuk memegang telur di dekat telinga dan kocok dan sedikit untuk menguji kesegarannya.

Jika kamu mendengar suara semburan yang berbeda dari dalam telur tersebut, itu mungkin berarti telur telah membusuk.

Namun jika kamu tidak mendengar suara apa apa maka itu berarti telur boleh dikonsumsi.

Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

4.         Pecahkan telurnya

Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

Pecahkan telur di atas piring. Pertama, periksa kuning telurnya. Kuning telur segar akan menjadi sangat montok dan duduk bangga dengan putihnya.

Kuning telur yang sudah basi akan mendatar dan terlihat agak kempes dan lembek. Itu tidak terlalu baik untuk apapun dan jelas tidak untuk dikonsumsi.

Selanjutnya, lihat bentuk putihnya. Jika segar, warna putih akan menahan bentuknya di cincin bagian dalam yang tajam dan tegas.

Akan ada lingkaran luar yang lebih tipis juga dan kuning telur akan mudah dipisahkan dari putihnya pada telur yang segar.

Semakin tidak jelas bentuk cincin bagian dalam dan cincin bagian luar, semakin tidak segar telurnya.

5.         Lakukan pengamatan penglihatan

Hati-Hati, Berikut 5 Tanda Telur Sudah Basi!

Selain hoidung, mata termasuk alat yang berharga untuk mengetahui apakah telur tersebut segar atau tidak.

Selagi telur masih berada didalam cangkangnya, periksa mulai dari bagian cangkang apakah cangkangnya tidak retak, berlendir, atau berbentuk tepung.

Kerutan atau retakan dapat menandakan adanya bakteri, sedangkan tampilan tepung pada cangkang dapat menandakan adanya jamur.

Jika cangkang tampak kering dan tidak rusak, pecahkan telur ke dalam mangkuk atau piring putih bersih sebelum digunakan.

Cari perubahan warna merah muda, biru, hijau, atau hitam pada kuning telur atau putih telur, karena ini dapat mengindikasikan pertumbuhan bakteri.

Jika kamu melihat ada tanda-tanda perubahan warna, buang telur dan cuci mangkuk dengan air sabun panas sebelum menguji telur baru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *