Harga Minyak Dunia Turun Drastis: BBM Gratis atau Diskon?

  • Whatsapp
Harga Minyak Dunia Turun Drastis: BBM Gratis?

Garisatu.com – Harga minyak mentah dunia kini sedang menurun pesat karena efek wabah corona COVID-19.

Untuk pengiriman pada Mei mendatang, produksi minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) Amerika Serikat merosot hingga minus $37,63 USD per barel.

Penurunan tersebut merupakan jumlah minus terbesar sepanjang sejarah sejak 1983.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, hal tersebut tentu ada alasannya. Dengan harga menjurang tidak tentu Bahan Bakar Minyak (BBM) digratiskan.

Jika memborong minyak untuk dijual kembali menurutmu akan memberi keuntungan (profit), pertimbangkan sekali lagi.

Harga minyak bisa jatuh seperti ini dikarenakan produksi yang terlalu besar tetapi konsumen yang seketika menurun pesat sehingga hampir tidak ada.

Banyak pabrik yang tutup, dan kendaraan yang tidak digunakan, semua karena social distancing dan kebijakan Work from Home (WFH). Kira-kira hampir 1/3 populasi di dunia yang berdiam diri di rumah. Maka tidak hanya kendaraan pribadi, tetap penggunaan transportasi umum juga berkurang.

Wabah corona COVID-19 ini telah mengganggu ekonomi dunia di hampir seluruh bidang.

Di sisi lain, Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade mendesak PT Pertamina (Persero) dan Kementerian BUMN untuk iktu menurunkan harga BBM.

Menurut Pak Andre, pemerintah perlu segera menurunkan semua harga BBM untuk mengurangi beban masyarakat di masa krisis corona saat ini. Usulnya harga BBM pada kisaran Rp4.000 per liter.

“Orang rakyat sudah teriak, masa pemerintah masih kaku sih? Harusnya sekarang sudah Rp4 ribu ya,” ucap Pak Andre pada Selasa (21/4).

Ia pun menyebut sejumlah negara tetangga yang telah ikut menurunkan jauh di bawah harga BBM di Indonesia.

“Nah kami minta Pertamina untuk menurunkan harga minyak di tiga bulan ini ya. Pertama karena minyak dunia sudah turun, kedua karena Covid-19 ini benar-benar memukul rakyat,” tutur dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *