Google Luncurkan Android 11 Beta Untuk Masyarakat Luas

  • Whatsapp
Google Android 11 Beta

Garisatu.com – Google baru saja merilis versi beta publik pertama dari sistem operasi (OS) Android 11 yang dikemas dengan banyak fitur sangat menarik.

Sebenarnya Android 11 dijadwalkan didemonstrasikan di atas panggung Google I/O 2020. Tetapi rencana itu batal karena pandemik COVID-19 yang masih berlangsung. Hanya ini tidak menghentikan Google untuk meluncurkan lembaran menarik berikutnya dalam siklus hidup OS Android.

Bacaan Lainnya

Google Android 11 Beta

Sementara itu, Apple telah meluncurkan iOS 14 dengan beberapa fitur baru yang menarik. Beberapa orang berpendapat bahwa hampir tidak ada alasan untuk membeli ponsel Android setelah iOS 14. Inilah alasan mengapa ada beberapa kebenaran untuk itu, tapi juga jauh dari sepenuhnya benar.

Android 11 adalah tentang pembaruan kualitas hidup untuk sistem operasi paling populer di dunia. Tidak ada bahasa desain baru atau fitur baru utama yang merombak keseluruhan sistem, sebaliknya, Google berfokus pada penyempurnaan notifikasi, meningkatkan pengalaman perpesanan, mengurangi kekacauan visual, meningkatkan manajemen izin, dan sebagainya.

Berikut ini pendalaman tentang semua fitur Android 11 yang baru dan patut diperhatikan oleh konsumen handphone berbasis OS besutan Google:

Kontrol Media

Google Android 11 Beta

Untuk sementara waktu sekarang, sebagian besar pemutar musik Android telah menampilkan widget yang cukup keren di bayangan pemberitahuan, berisi kontrol media dan info untuk trek musik saat ini yang sedang diputar. Itu menjadi kasus default untuk Android 11 juga.

Namun, sakelar baru dalam opsi pengembang memungkinkan pengguna untuk menekan widget Now Playing dalam bayangan pemberitahuan itu sendiri. Enam atau lebih matikan cepat, biasanya keluar secara berurutan, di-press dalam konfigurasi 3×2 yang secara mengejutkan tidak terasa sesak dan membatasi.

Tentu saja, “seni” album menjadi korban dari pemangkasan ruang yang sempit. Namun tidak diragukan lagi ini adalah tata letak yang lebih efisien, asalkan Anda bisa menerimanya. Setelah menggeser ke bawah sekali lagi, widget Now Playing akan meluas dengan segala kemegahannya.

Google mengatakan, fitur tersebut akan diaktifkan secara default di pratinjau pengembangan berikutnya. Publik seluler diyakini tidak akan sabar untuk melihat bagaimana produsen Android lainnya akan menerapkan ini di skin kustom mereka sendiri.

Peningkatan kualitas hidup lainnya di Android 11 menjanjikan untuk mengatur perangkat yang terhubung dengan lebih baik. Tombol baru di widget Now Playing memungkinkan Anda dengan cepat memilih perangkat media terhubung mana yang harus memutar lagu.

Sejujurnya, sekarang jauh lebih mudah untuk beralih antara speaker ponsel, headphone Bluetooth, atau speaker Bluetooth Anda yang terhubung. Pengguna bahkan dapat memasangkan perangkat Bluetooth baru langsung dari menu konteks yang muncul, yang membuatnya jauh lebih intuitif.

Pemberitahuan

Google Android 11 Beta

Android telah membunuh pemberitahuan atau notifikasi mendatang. Jenis pemberitahuan terpenting, yang berasal dari aplikasi perpesanan, sekarang akan ditempelkan ke atas secara permanen. Pemberitahuan dari aplikasi lain akan ditampilkan tepat setelah bagian percakapan.

Itu sebenarnya ide bagus, karena pemberitahuan percakapan jauh lebih penting dan dapat dengan mudah terkubur dalam kekacauan visual yang hidup di sebagian besar bayangan pemberitahuan ponsel.

Gelembung Obrolan

Google Android 11 Beta

Gelembung obrolan sangat bagus dan mungkin satu-satunya fitur penebusan dari aplikasi Facebook Messenger. Sekarang Google telah memasukkan API masing-masing di Android, kita dapat berharap lebih banyak pada aplikasi perpesanan teks untuk menggunakan fungsi ini dan menggunakan gelembung teks.

Ini adalah pengambilan yang cukup sederhana tentang apa yang tampaknya disempurnakan oleh Facebook Messenger. Titik-titik pemberitahuan merah dengan jumlah pesan yang muncul di gelembung obrolan ketika seseorang mengirim pesan kepada Anda tidak terlihat, menggantikan titik biru pucat yang mungkin dilewatkan di semua kekacauan visual.

Pada titik ini, tampaknya pandangan Facebook tentang gelembung obrolan pasti lebih unggul. Sebab tampaknya berfungsi lebih baik dalam memberi tahu Anda tentang obrolan yang belum dibaca.

Semoga ini akan ditingkatkan dalam pratinjau pengembang di masa mendatang. Sebab Google meningkatkan pemberitahuan teks baru ini lantaran mereka membawa potensi besar untuk multitasking.

Alih-alih harus berpindah-pindah antara beberapa aplikasi untuk menjaga percakapan tetap berjalan sambil melakukan sesuatu yang lain, gelembung akan memungkinkan Anda kembali ke utas yang ada dari hampir semua layar, aplikasi, atau aktivitas. Yang lebih baik adalah aplikasi perpesanan apa pun akan mendukung gelembung obrolan ini, asalkan pengembang menerapkannya.

Saran Aplikasi Layar Utama

Google Android 11 Beta

Anda tahu bagaimana kebanyakan ponsel Android memiliki dok dengan lima atau lebih aplikasi yang jarang berubah? Nah, Android 11 mengubah segalanya. Jika Anda memilih untuk mengaktifkan fitur saran aplikasi layar Beranda yang semuanya baru, pintasan biasa Anda akan dengan dipindahkan ke atas pada layar anda.

Sementara baris dok biasa sekarang akan menampilkan aplikasi yang paling mungkin Anda gunakan berdasarkan rutinitas harian pengguna.

Kontrol dan Pembayaran Perangkat

Google Android 11 Beta

Jika Anda memiliki banyak perangkat pintar yang terhubung di rumah, Android 11 pasti akan menjadi keuntungan. Dengan menekan dan menahan tombol daya, Anda sekarang tidak hanya mendapatkan akses untuk mematikan dan memulai ulang pintasan, tapi juga dapat mengontrol perangkat rumah pintar pengguna.

Terlebih lagi, pengguna bahkan dapat mengakses kartu Google Pay Anda dengan cepat, tanpa harus membuka aplikasi. Ini adalah penggunaan yang bagus dari layar yang biasanya jarang digunakan dan membuat tombol power jauh lebih berguna dari sebelumnya.

Privasi

Google Android 11 Beta

Privasi adalah hal yang cukup penting dari hampir semua pembaruan Android dalam beberapa tahun terakhir. Android 11 tidak terkecuali.

Salah satu fitur baru yang diperkenalkan dengan Android 11 adalah izin satu kali. Bagaimana cara kerjanya? Sebenarnya cukup sederhana. Setiap kali Anda membuka aplikasi baru untuk pertama kalinya, Anda hanya dapat memberikan izin yang diminta satu kali.

Lain kali Anda membuka aplikasi itu, aplikasi akan meminta izin yang sama sekali lagi. Ini adalah fitur privasi hebat yang akan memberikan ketenangan saat berhadapan dengan aplikasi baru yang lupa Anda copot pemasangannya. Terlebih lagi, izin akan diatur ulang secara otomatis setelah Anda tidak menggunakan aplikasi selama beberapa waktu.

Tanggal Rilis

Android 11 sudah dirilis pada 8 September 2020 untuk semua handphone Pixel yang memenuhi syarat. Plus beberapa perangkat Oppo, OnePlus, dan Xiaomi yang juga memenuhi syarat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *