Gempa Di Saumlaki, Maluku

  • Whatsapp
Gempa Di Saumlaki, Maluku
Gempa Di Saumlaki, Maluku

Garisatu.com – Gempa kembali mengguncang wilayah Republik Indonesia. Pada hari Minggu 1 November 2020, gempa dicatat mengguncang Wilayah Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku pada pukul 10.43.20 WIB. Gempa dirasakan oleh warga namun untungnya gempa tektonik ini tidak berpotensi tsunami. 

Gempa Di Saumlaki, Maluku

Dalam siaran pers, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=6,0.

Bacaan Lainnya

Gempa Di Saumlaki, Maluku

Gempa Di Saumlaki, Maluku

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,28 LS dan 129,3 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 234 km arah Barat Kota Saumlaki, Maluku pada kedalaman 197 km,” kata Rahmat.

Rahmat juga menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda

Gempa Di Saumlaki, Maluku

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik oblique (oblique thrust fault),” jelasnya.

Rahmat mengatakan guncangan ini termasuk kedalam golongan II-III MMI, yang berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Dobo, II MMI  berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa Di Saumlaki, Maluku

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.  Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” kata Rahmat.

Rahmat juga menuturkan, hingga hari Minggu pukul 10.58, sesuai dengan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). 

Gempa Di Saumlaki, Maluku

Rahmat menghimbau masyarakat untuk tetap tenang agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *