Gempa dan Tsunami Di Turki

  • Whatsapp
Gempa dan Tsunami Di Turki
Gempa dan Tsunami Di Turki

Garisatu.com – Gempa berkekuatan 7,0 Magnitudo di Turki pada hari Jumat 30 Oktober 2020 memakan ratusan korban. Hingga update terakhir, sebanyak 22 korban meninggal dunia dan ratusan korban mengalami luka luka. Gempa juga menyebabkan kerusakan material. Sebanyak 20 gedung roboh dan banyak orang yang terjebak di dalam reruntuhan. 

Gempa dan Tsunami Di Turki

Gempa tektonik tersebut berpusat di Laut Aegean, berjarak 17 kilometer pesisir barat Turki dan guncangannya terasa hingga kota terbesar di sana yakni Istanbul, ibu kota Yunani, Athena, juga Bulgaria, dan Makedonia Utara.

Bacaan Lainnya

Gempa dan Tsunami Di Turki

Gempa dan Tsunami Di Turki

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, gempa Turki tersebut dipicu oleh aktivitas patahan atau sesar, yakni Sesar Sisam (Sisam Fault) dengan mekanisme pergerakan turun (normal fault). Sesar aktif ini memiliki panjang jalur sekitar 30 kilometer.

Berdasarkan keterangan pada Sabtu (31/10/2020) pagi, BMKG mencatat sudah ada lebih dari 100 gempa susulan yang terjadi sejak gempa dahsyat sebelumnya. 

Gempa dan Tsunami Di Turki

“Hingga saat ini sudah terjadi lebih dari 100 aktivitas gempa susulan (aftershocks) sejak terjadinya gempa utama (mainshock) dengan magnitudo terbesar 5,1,” kata Daryono.

Gempa juga menyebabkan air laut masuk ke pesisir kota Izmir dan menyebabkan tsunami kecil di Seferihisar, kata Huseyin Alan kepala Teknisi Geologi Turki kepada kantor berita negara TRT seraya memperingatkan agar orang-orang menjauh dari gedung.

Gempa dan Tsunami Di Turki

USGS mengatakan gempa tercatat sejauh 14 km dari kota Neon Karlovasion Yunani di pulau Samos, Laut Aegea. Sementara itu kekuatan gempa yang dilaporkan lebih rendah yakni magnitudo 6,6 di kedalaman 16,5 km.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *