Hindari Keracunan Gas Karbon Monoksida (CO) Pada Mobil

  • Whatsapp
Hindari Keracunan Gas Karbon Monoksida (CO) Pada Mobil

Garisatu.com – Keracunan gas Karbon Monoksida (CO) bisa terjadi ketika kita berdiam di dalam mobil yang dalam kondisi berhenti dan di saat bersamaan AC dan mesin mobil dinyalakan.

Gas karbon monoksida merupakan salah satu hasil pembakaran mesin mobil yang dibuang melalui saluran knalpot. Tapi masalahnya, gas karbon monoksida tidak terlihat oleh mata dan tidak meninggalkan bau.

Ada beberapa prakondisi yang membuat gas sisa pembakaran mesin mobil bisa masuk ke dalam kabin mobil. Berikut beberapa hal di antaranya:

Gejala Penyebab Keracunan Karbon Monoksida

Hindari Keracunan Gas Karbon Monoksida CO Pada Mobil 3 1

Knalpot Bocor

Pipa knalpot diarahkan ke belakang mobil untuk memastikan gas buang tidak keluar di bawah dek dan masuk ke dalam kabin. Karena karat, pipa knalpot bisa bocor di tengah dan menyebabkan gas buang keluar di bawah dek mobil. Gas buang yang terakumulasi bisa menyusup masuk ke dalam kabin.

Hindari Keracunan Gas Karbon Monoksida (CO) Pada Mobil

Pendingin Udara Mobil Rusak

Ada komponen sistem pendingin ruang yang bekerja di luar kabin mobil, seperti kompresor dan tabung ekspansi yang diletakkan di ruang mesin. Karena minim perawatan, ada potensi terjadi kebocoran pada salurannya, terutama selang AC dan jalur di firewall.

Karat Di Bodi Mobil

Karat punya potensi untuk timbul di bodi mobil, terutama di dek bawah tempat bersarangnya kotoran. Jika tidak diatasi, karat akan menyebabkan bodi mobil berlubang dan membuka jalur masuknya gas buang mobil. Karet bodi mobil yang sudah getas juga bisa menjadi akses masuknya gas buang.

Risiko keracunan gas karbon monoksida sebenarnya bisa diminimalisasi jika mobil dalam kondisi prima. Perawatan rutin diperlukan untuk menjaga kondisi mobil tetap sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *