Gadis 19 Tahun Infeksi Otak Akibat Pencet Jerawat Sendiri!

  • Whatsapp
Gadis 19 Tahun Infeksi Otak Akibat Pencet Jerawat Sendiri

Garisatu.com – Memang rasanya tangan sangat gatal apabila melihat ada jerawat yang muncul di wajah kita.

Tidak jarang dari kita yang akan ‘memencet’ jerawat itu akibat tidak tahan melihatnya menempel di wajah kita.

Bacaan Lainnya

Namun tahukah kamu bahwa memencet jerawat merupakan hal yang tidak boleh dijadikan kebiasaan.

Menurut banyak pakar dan dokter kulit, memencet jerawat secara sembarangan bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit.

Dalam beberapa kasus ekstrem memencet jerawat khususnya di area segitiga wajah atau T-Zone bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada organ lain.

Hal ini terjadi pada seorang perempuan asal China yang baru-baru ini dilaporkan menderita infeksi otak lantaran memencet jerawat.

Infeksi Otak

Gadis yang bernama Yang, umur 19 tahun asal China dilaporkan memencet jerawat yang muncul di bagian hidung dengan tangannya sendiri.

Tak lama setelah memencet jerawat di area tersebut, ia pun kemudian merasakan rasa sakit di sekitar mata kanannya.

Beberapa hari setelah kejadian itu, kondisi Yang kabarnya tidak kunjung membaik dan mata kanannya mengalami pembengkakan. Maka itulah, Yang pun dilarikan ke Ningbo Second Hospital, di provinsi Zhejiang, China.

Setelah di periksa, Dokter mendiagnosa Yang mengalami mengalami cavernous sinus thrombosis atau kondisi ketika ada penggumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah dalam otak dan di belakang soket mata.

Dokter lalu menjelaskan bahwa kondisi ini berawal dari aktivitas memencet jerawat di area ujung hidung, area yang sering disebut sebagai segitiga kematian atau triangle of death.

Melansir Healthline, memencet jerawat di triangle of death sangat berbahaya karena area tersebut terhubung langsung ke pembuluh darah di tengkorak kepala.

Bahkan jika jerawat yang ada di area segitiga itu pecah, pintu masuk bagi bakteri untuk menginfeksi tubuh sangatlah terbuka lebar. Bakteri yang masuk kabarnya bisa dengan mudah berpindah dan menginfeksi pembuluh darah di otak.

Yang sempat dikabarkan kritis dan demam hingga 39 derajat celcius dan menunjukkan gejala meningitis. Namun setelah diberikan perawatan antibiotik, kondisi Yang kemudian dilaporkan sudah stabil.

Sekarang kita semua tahu bukan bahaya memencet jerawat di wajah kita, jadi daripada kita memencet jerawat yang muncul, lebih baik kita gunakan skincare untuk menghilangkan jerawat itu ya guys.

Kemudian jangan sering menyentuh wajah dengan tangan karena tanpa kita sadari tangan kita itu sumber bakteri, yang malah akan menyebabkan berkembang biaknya bakteri menjadi jerawat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *