Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Untuk Gaya-Gayaan Saja

  • Whatsapp
Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Untuk Gaya-Gayaan Saja

Garisatu.com – Beberapa mobil yang dijual di diler saat ini dibekali dengan beragam aksesori. Mulai dari bagian eksteriornya dipasangi bodi tambahan, hingga interior seperti kamera dan sensor parkir.

Tujuan pemasangan aksesori itu berbeda-beda, ada yang sekadar menunjang penampilan kendaraan agar sesuai dengan konsep yang diusung, hingga memberi dampak pada kenyamanan dan keamanan.

Bacaan Lainnya

Fungsi Spoiler Mobil

Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Untuk Gaya-Gayaan Saja

Salah satu aksesori bodi mobil yang saat ini banyak diaplikasikan pada kendaraan baru, yakni spoiler mobil. Bentuknya berupa papan mirip sayap pesawat terbang, dan dipasang di atap bagian belakang.

Spoiler merupakan salah satu aksesori kendaraan, yang memiliki beberapa fungsi. Banyak yang berpikir, bahwa spoiler mobil hanya sebagai aksesori yang digunakan untuk mempercantik tampilan. Namun, ternyata aksesori ini memiliki beragam fungsi.

Fungsi pertama spoiler yakni menambah tekanan bawah atau biasa disebut dengan downforce. Hal ini diperlukan, karena semakin kencang mobil melaju maka ban mobil semakin berkurang cengkeramannya.

Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Untuk Gaya-Gayaan Saja

Dengan adanya spoiler yang fungsinya seperti sayap pesawat namun dibuat terbalik, maka muncul gaya tekan ke bawah yang berdampak pada semakin lengketnya ban ke aspal.

Efek kedua yang ditimbulkan dari adanya spoiler, yakni meningkatnya kestabilan kendaraan. Ketika melakukan manuver dalam kecepatan tinggi, maka gaya tekan yang dihasilkan membuat gerakan mobil jadi lebih presisi, sesuai kendali dari pengemudi.

Terakhir, kehadiran spoiler juga membuat kaca belakang menjadi lebih bersih. Udara diarahkan menuju kaca, sehingga debu dan air yang menempel di kaca bisa didorong hingga lepas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *