Forward Pesan Whatsapp Dibatasi: Cegah Hoax Covid-19

  • Whatsapp
Forward Pesan Whatsapp Dibatasi: Cegah Hoax Covid-19

Garisatu.com – Bagi para pengguna aplikasi WhatsApp, telah resmi diumumkan bahwa kini fitur forward pesan akan dibatasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran berita atau informasi tidak benar mengenai Covid-19.

Keputusan resmi ini diumumkan pada hari Selasa tanggal 7 April 2020. Forward pesan yang biasanya dapat dilakukan untuk 5 grup atau individual kini hanya dapat dilakukan untuk seorang.

Menurut WhatsApp, mereka melihat adanya kenaikan yang tajam dalam fitur forward pesan. Dan banyaknya informasi yang dikabarkan tidak benar kerap bermunculan, sehingga langkah ini diambil untuk mencegahnya.

Bacaan Lainnya

Memang berbagi informasi bukanlah hal yang buruk, seseorang mem-forward pesan karena ingin memberi informasi agar orang-orang sekitarnya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun WhatsApp yakin dengan langkah membatasi pesan forward yang telah diputuskan dapat melindungi privasi para pengguna aplikasi kini.

Menurut The Guardian, WhatsApp tidak dapat melihat langsung pesan-pesan yang disebar oleh penggunanya karena adanya fitur enkripsi yang guna untuk menjaga privasi user. Sehingga pihak WhatsApp tidak dapat mencegah terjadinya hoaks.

Namun hingga kini belum diketahui apakah keputusan WhatsApp dalam membatasi fitur forward dapat mencegah penyebaran informasi palsu mengenai Corona untuk kedepannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *