4 Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui
Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui
Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui

Garisatu.com – Sering kali kamu mendengar mitos air lemon? Apa saja yang benar? Perasan air lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu kini banyak di gandrungi oleh masyarakat. Terutama pada kalangan wanita, ramuan air lemon ini dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dan detoksifikasi tubuh. selain itu, sebagian orang juga mengkonsumsi ramuan ini untuk mendapatkan kulit yang halus dan wajah yang bebas dari kerutan.

Tetapi apakah mitos air lemon memang memiliki manfaat yang disebutkan seperti diatas? Sebelum kamu memutuskan untuk mengonsumsi air lemon, ada baiknya kamu untuk mengetahui mana yang menjadi fakta dan mitos dari buah berwarna kuning cerah ini.

Bacaan Lainnya

1.         Air lemon untuk menurunkan berat badan

Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa orang mengonsumsi perasan air lemon ini memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan. Namun jika dilansir dari laman Prevention, Jason Ewoldt, RDN, LD, seorang ahli gizi dari Mayo Clinic Healthy Living, ia mengatakan bahwa lemon merupakan buah yang memiliki kaolori rendah dan bagus dalam mengontrol kalori bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Faktanya, ini hanyalah sebuah mitos belaka. Bukan air dari lemonnya yang bisa menurunkan berat badan kamu, melainkan mitos air lemon hanya berperan untuk mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jika kamu mengganti minuman manis dengan air lemon dalam jangka waktu tertentu, maka asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga berkurang dan bisa mendukung penurunan berat badan. Maka, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi air lemon dengan atau tanpa gula, karena air lemon lebih menyehatkan dibandingkan kamu mengonsumsi teh atau kopi, terutama di pagi hari.

2.         Air lemon bisa meningkatkan kecerdasan jika dikonsumsi pada pagi hari

Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa mitos air lemon dari beberapa orang juga mengonsumsi air lemon pada pagi hari dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan. Namun lagi lagi ini merupakan sebuah mitos. Mengkonsumsi perasan air lemon pada pagi hari tidak bisa tiba tiba membuat seseorang menjadi cerdas. Namun aroma lemon pada pagi hari bisa membuat kamu merasa lebih fokus dan semangat untuk menjalani aktifitas sehari hari.

4 Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui

3.         Air lemon bisa membuang racun dalam tubuh

Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui

Konon katanya, dengan rutin mengkonsumsi infused water atau mitos air lemon bisa membantu membilas racun yang menumpuk didalam tubuh. Tetapi faktanya, belum ada penelitian yang bisa mendukung pernyataan ini.

Di dalam tubuh kita sendiri sudah ada mekanisme khusus untuk membuang racun, yakni dari ginjal dan hati yang akan mengeluarkan racun tersebut melalui urin, keringat, dan feses. Untuk merangsang mekanisme tersebut supaya tetap berjalan dengan lancar, yang anda perlukan ialah memperbanyak konsumsi air putih dan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur.

Yang terpenting adalah jaga kesehatan ginjal dan hati, maka tubuh Anda akan secara natural akan membersihkan semua racun dan produk yang tidak terpakai.

4.         Air lemon bisa memperbaiki penuaan kulit

Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui

Buah lemon memang tinggi akan antioksidan dan vitamin C, tetapi tetap tidak bisa secara otomatis mencegah atau bahkan menghentikan penuaan yang telah terjadi.

Asupan vitamin C memang bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen dengan tujuan mengencangkan dan mengenyalkan kulit. Tetapi produksi kolagen juga tidak hanya bergantung pada vitamin C saja. Tubuh kita tetap membutuhkan asupan mineral dan vitamin lain, termasuk pula gizi makro yang seimbang untuk bisa memproduksi kolagen yang cukup.

Maka selain minum mitos air lemon, cukupilah kebutuhan gizi Anda dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur, sumber protein rendah lemak, dan juga biji-bijian.

Empat poin tersebut bisa dibilang sebagai mitos air lemon yang mungkin sebagian dari kita mempercayainya. Terlepas dari mitos tersebut, buah lemon memang memiliki kegunaan yang baik bagi tubuh jika dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya bisa untuk:

1.         Menghilangkan bau mulut

Fakta Dan Mitos Air Lemon Yang Perlu Kamu Ketahui

Khawatir akan bau mulut? Kamu bisa mencoba mengonsumsi perasan air lemon untuk mengatasi bau mulut kamu. Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri, baik bakteri yang berasal dari mulut, tenggorokan, atau pun saluran pencernaan. Nah, bau mulut bisa menjadi pertanda bahwa banyak bakteri yang sudah berkembang di tubuh kamu.

Jika sudah begini, menggosok gigi hanya akan menghilangkan bau mulut untuk sementara. Sebaiknya konsumsi perasan air lemon sebagai antiseptik yang ampuh untuk membantu kamu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

2.         Meningkatkan kekebalan tubuh

Lemon adalah satu satu sumber terbaik vitamin C yang dapat mengatur kekebalan tubuh kamu. Tanpa asupan vitamin C yang cukup dalam tubuh, sistem dalam tubuh kamu tidak akan mampu bertahan untuk melawan virus dan bakteri yang hidup didalam tubuh kamu. Sehingga, saat kamu mendapatkan asupan vitamin C yang cukup untuk kebutuhan tubuh kamu, otomatis tubuh kamu akan meningkatkan kekebalan alami dalam mencegah virus dan bakteri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *