Erick Thohir: Vaksin COVID-19 Akan Dijual Sekitar Rp438 Ribu Per Orang!

  • Whatsapp
Erick Thohir: Vaksin COVID-19 Akan Dijual Sekitar Rp438 Ribu Per Orang

Garisatu.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan harga vaksin COVID-19 akan hadir dengan harga sekitar US$25-US$30.

Harga vaksin tersebut akan dijual sebesar Rp365 ribu-Rp438 ribu per orang, jika dihitung dengan kurs Rp14.600 per dolar AS.

Bacaan Lainnya

“Perhitungan awal istilahnya bukan per dosis, tapi untuk satu orang. Harganya US$25-US$30,” jelas Erick Thohir dalam video conference, Kamis (27/8).

Menurutnya, harga vaksin tersebut tak bisa dihitung per dosis karena satu orang harus disuntik vaksin dua kali dan dijeda dalam waktu dua minggu.

Erick Thohir mengatakan PT Bio Farma (Persero) masih terus menghitung harga jual vaksin COVID-19 meski sudah ada estimasinya. Harga akan disesuaikan dengan bahan baku vaksin itu sendiri.

“Harga untuk 2020 harga bahan baku per dosis US$8, tapi 2021 ada penurunan jadi US$6-US$7. Ini bahan baku,” tutur Erick Thohir.

Kemudian ia juga mengusulkan agar ada dua jenis vaksinasi. Pertama, vaksin atas bantuan pemerintah.

Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan vaksin COVID-19 secara gratis. Pemerintah akan menggunakan data BPJS Kesehatan sebagai acuan pemberian bantuan.

Lalu kedua adalah vaksin mandiri, dimana masyarakat harus mengeluarkan dana pribadi untuk mendapatkan vaksin virus corona.

“Kami tidak mau bebani keuangan negara juga, karena ini jangka menengah dan panjang. Takutnya per dua tahun harus divaksin. Tapi ini belum jadi keputusan, masih dirapatkan,” papar Erick Thohir.

Erick Thohir Jamin Vaksin Corona Berbahan Baku Halal

Awalnya Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan bahwa vaksin COVID-19 tersebut akan dijual di kisaran US$5-US$10 atau Rp73 ribu-Rp146 ribu per dosis.

Meski begitu perkiraan harga masih terus dapat berubah karena perusahaan masih terus menggodok.

“Harga vaksin masih kami hitung, untuk perkiraan sementara estimasi US$5-US$10,” tutur dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *