Ekonomi Lemah Akibat Corona: Omnibus Law Solusinya!

  • Whatsapp
Ekonomi Lemah Akibat Corona: Omnibus Law Solusinya!
Emrus Sihombing

Garisatu.comOmnibus law diperkirakan bisa memperbaiki ekonomi dan politik Indonesia.

Apalagi untuk masa sekarang, wabah global yang melemahkan ekonomi di banyak negara, termasuk tanah air.

Tentu saja, omnibus law harus dikaji secara bersama, termasuk para stakeholder yang terkait.

Bacaan Lainnya

“Jika omnibus law dibahas bersama, maka saya jamin akan menjadi solusi di bidang ekonomi dan politik,” ungkap Emrus Sihombing, pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Selasa (24/3).

Menurut dia, wabah virus corona COVID-19 ini tidak akan mempengaruhi perekonomian negri dengan jangka waktu yang panjang.

Contohnya, rupiah yang melemah dengan dolar AS yang telah menyentuh 16 ribu rupiah.

“Naiknya dolar karena menurunnya produktifitas kita, karena corona. Sehingga turunnya dolar tidak bisa menjadi patokan di tengah situasi seperti ini,” jelas dia.

Sebenarnya omnibus law ini bertujuan untuk menyatukan regulasi-regulasi agar semuanya sejalan. Dengan ditata secara bersama, regulasi akan menjadi efektif.

Maka itu, pemerintah RI dan DPR RI perlu mengkaji omnibus law sesuai dengan pendapat seluruh pihak, paling utama ialah para pengusaha dan buruh.

“Saya kira filosofinya, relasi pekerja dan pengusaha saling menguntungkan. Jadi tidak boleh keduanya mendominasi, apakah pekerja mendominasi pengusaha atau sebaliknya,” tambah dia.

Tidak hanya itu, omnibus law perpajakan juga perlu dikaji dan ditata secara hati-hati sesuai setiap kelompok masyarakat agar tidak terjadi jebakan.

“Saya berpendapat, kepentingan rakyat secara keseluruhan, termasuk di bidang pajak. Karena setiap warga negara harus bayar pajak. Kita buka semua secara transparan,” ujar dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *