Efek Corona: OJK Beri Keringanan Untuk Debitur

  • Whatsapp
Efek Corona: OJK Beri Keringanan Untuk Debitur

running black Porsche sedan

“Relaksasi ini juga berlaku bagi UMKM dan KUR. Sementara, untuk kredit yang direstrukturisasi bisa langsung dikategorikan menjadi lancar,” jelas Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK, dalam siaran persnya.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya untuk perbankan, OJK juga memberikan keringanan kepada debitur perusahaan pembiayaan (multifinance) atau leasing yang terpengaruh oleh virus corona COVID-19 untuk bisa melonggarkan cicilan hingga 1 tahun ke depan.

Akan tetapi, kelonggaran tersebut perlu langsung dibahas oleh kedua belah pihak, yakni debitur dan perusahaan leasing terkait.

Untuk keringanan, debitur harus melakukan ini:

  1. Permohonan restrukturisasi dan data yang perlu dilengkapi diajukan oleh debitur sendiri. Boleh lewat email maupun situs perusahaan, tak perlu bertatap muka.
  2. Lalu leasing akan melakukan asesmen atas permohonan tersebut. Asesmen tersebut yakni apa debitur terkena dampak langsung atau tak langsung dengan pandemi ini, historis pembayaran pokok/bunga, kejelasan penguasaan kendaraan.
  3. Restrukturisasi yang diberikan disesuaikan dengan profil debitur, antara berupa penambahan tenor atau jumlah cicilan yang disesuaikan dengan kemampuan bayar debitur.

Saat ini OJK dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sedang mengkaji bentuk hukum dalam penerapan stimulus ini di industri.

Sebelumnya OJK pun melarang debt collector menarik kendaraan milik nasabah leasing untuk sementara terkait pengaruh wabah COVID-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *