Efek Corona: OJK Beri Keringanan Untuk Debitur

  • Whatsapp
Efek Corona: OJK Beri Keringanan Untuk Debitur

person using laptop computer holding card

Maka itu, aturan OJK harus digunakan secara bijaksana. Kelonggaran yang akan diberikan hanya untuk para debitur yang benar-benar terkena imbas langsung dari wabah COVID-19.

Bacaan Lainnya

“Jadi, bukan untuk semua debitur,” tegas dia.

“Peraturan OJK tersebut secara jelas menyatakan bahwa harus menghindari moral hazard, yaitu jangan debitur yang sehat menjadi tidak mau bayar utang ataupun debitur yang sudah macet sebelum adanya COVID kemudian menjadi tidak kooperatif.”

“Kita harus bersama-sama menjaga kesehatan pribadi, tapi kita juga harus menjaga kesehatan ekonomi Indonesia dalam menghadapi COVID-19,” Mirza ingatkan.

OJK sebelumnya sudah POJK Nomor 11/POJK.03/2020. Isinya yakni stimulus bertuju ke debitur pada sektor-sektor yang terdampak penyebaran virus COVID-19.

Salah satunya yaitu debitur UMKM dan diperhatikan secara hati-hati agar tidak terjadi penyalahgunaan dalam penerapan ketentuan (moral hazard).

Kebijakan stimulus dimaksud adalah:

– Penilaian kualitas kredit/pembiayaan/penyediaan dana lain hanya berdasarkan ketepatan pembayaran pokok dan/atau bunga untuk kredit s.d Rp10 miliar; dan

– Restrukturisasi dengan peningkatan kualitas kredit/pembiayaan menjadi lancar setelah direstrukturisasi. Ketentuan restrukturisasi ini dapat diterapkan Bank tanpa batasan plafon kredit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *