DPR Ajukan Tambahan Anggaran Kepada Sri Mulyani Menjadi Rp7,5 Triliun!

  • Whatsapp
DPR Ajukan Tambahan Anggaran Kepada Sri Mulyani Menjadi Rp7,5 Triliun

Garisatu.com – Pada tahun 2021 depan, Dewan Perwakilan Rakyat meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani menambah anggaran badan legislatif tersebut menjadi Rp7,5 triliun.

Menurut Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Achmad Dimyati Natakusumah, anggaran tersebut telah disampaikan pada rapat paripurna ke-14 pada 5 Mei lalu.

Bacaan Lainnya

Salah satu agenda rapat, laporan BURT terhadap pembahasan Rancangan Kerja Anggaran (RKA) DPR Tahun 2021.

Meski begitu Sri Mulyani baru mengeluarkan senilai Rp5 triliun dari jumlah anggaran yang diusulkan.

“Pada rapat paripurna 5 Mei 2020 yang lalu, telah menetapkan usulan RKA untuk DPR RI sebesar Rp7,5 triliun. Tapi saya lihat dalam lampiran 1 RUU yang disampaikan oleh pemerintah ini masih jauh, masih Rp5,4 triliun. Saya berharap pemerintah betul-betul merealisasikan itu,” ungkap dia dalam rapat paripurna virtual, Selasa (18/8).

Menurutnya, anggaran tersebut dibutuhkan untuk mendukung kinerja DPR sebagai badan legislatif.

Apalagi di tahun 2021 mendatang kerja keras dari seluruh pihak termasuk DPR sangat diperlukan karena Indonesia menghadapi tantangan resesi ekonomi dan penanganan dampak COVID-19.  

“Banyak problem yang ada negara ini. Kalau negaranya ingin maju dan kuat bu menteri, maka legislatifnya harus kuat. DPR RI-nya harus kuat,” kata dia.

Tambah dia, anggaran tersebut merupakan mandatori berupa gaji dan tunjangan anggota dewan.

Menurutnya, bagaimana para wakil rakyat bisa meningkatkan kinerjanya sekaligus melakukan pengawasan terhadap pemerintah jika anggaran yang diberikan oleh pemerintah lebih rendah dari pagu yang diajukan.

“Bagaimana kami melakukan pengawasannya secara ketat? Dan juga bagaimana kami membuat perundang-undang yang bagus dan kuat, di antaranya termasuk penganggaran,” terang dia.

Maka pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp5,11 triliun kepada DPR di tahun ini. Dibanding pagu anggaran awal dalam RAPBN 2020, yakni Rp4,286 triliun, jumlah tersebut naik cukup signifikan.

Kemudian pemerintah juga akan merelokasi anggaran sebesar Rp833 miliar sehingga total anggaran bertambah menjadi Rp5,11 triliun tahun ini. Sedangkan alokasi anggarannya pada 2019 lalu sebesar Rp5,73 triliun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *