Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

  • Whatsapp
Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut
Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

Garisatu.com – Kamu mungkin pernah atau sedang mengalami masalah dalam atasi bau mulut. Bau mulut merupakan kondisi dimana muncul bau tidak sedap pada nafas yang dihembuskan. Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari Kesehatan gigi, gusi, atau berasal dari makanan makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang, hingga beberapa kondisi Kesehatan seperti xerostomia, gangguan saluran pencernaan seperti infeksi bakteri h.pylori dan asam lambung (GERD), hingga sinusitis dan diabetes.

Jika kamu menyadari bau mulut yang tidak sedap mungkin Langkah pertama yang kamu lakukan ialah mencari permen mint atau mengunyah permen karet supaya bisa menyamarkan bau tersebut.

Bacaan Lainnya

Tetapi kamu juga perlu mengetahui makanan makanan apa saja yang bisa mengatasi bau mulut selain dua opsi yang disebutkan tadi.

Jadi sewaktu waktu jika tidak ada permen mint atau permen karet, kamu juga bisa mengatasi bau mulut dengan makanan dibawah ini.

1.         Apel

Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

Apel merupakan buah yang ampuh untuk mengatasi bau mulut, hal ini sebagian berasal dari sifat deterjen alami pada buah apel.

Apel memiliki kandungan polifenol yang membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk mengurangi senyawa berbau. Tidak hanya itu, apel juga bisa membantu mengeluarkan sisa makanan yang terselip digigi kamu.

2.         Herbal segar

Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

Herbal segar yang dimaksud disini seperti peterseli, kemangi, dan daun mint bisa membantu menutupi bau mulut dengan kandungan minyak yang kuat didalamnya.

Minyak kuat yang terkandung di dalam herbal segar ini bisa membantu mengatasi bau mulut yang menusuk hidung, bahkan bisa berperan untuk menutupi bau sementara waktu layaknya obat kumur.

3.         Sayuran hijau

Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

Sayur sayuran hijau seperti selada, bayam, dan kangkung sangat baik untuk melawan bau mulut.

Tiga macam sayuran tersebut bisa membantu menyeimbangkan tingkat pH internal dan menjaga tingkat basa tetap rendah, yang pada akhirnya juga bisa membantu mencegah mulut dari kekeringan.

Dimana mulut kering juga bisa menjadi salah satu penyebab utama bau mulut.

4.         Kayu manis

Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

Kayu manis memiliki kandungan minyak esensial yang terbukti memiliki kemampuan untuk melawan bau mulut dengan membunuh bakteri yang mungkin berada di dalam mulut kita.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengunyah permen karet yang dibumbui dengan komponen Cinnamaldehyde memiliki efek antibakteri, menyebabkan napas menjadi lebih segar.

Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

5.         Mentimun

Sayuran dengan kadar air yang tinggi seperti mentimun juga berperan sangat bagus dalam menghilangkan bau mulut. Mentimun banyak di konsumsi di Indonesia sebagai lalapan atau utnuk mencuci mulut.

Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

Air yang terkandung didalam mentimun akan mencegah mulut dari kekeringan dan membersihkan sisa makanan yang yang mungkin terselip di gigi kita setelah makan.

Mirip dengan apel, faktor pengunyahan yang kita lakukan ketika mengonsumsi mentimun juga membantu merangsang produksi air liur, yang membantu menghidrasi mulut kita.

Jika kamu tidak suka mentimun, kamu bisa menggantinya dengan seledri untuk mendapatkan efek yang sama.

6.         Yoghurt

Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

Sebelum memilih yoghurt untuk menghilangkan bau mulut, harus memastikan bahwa yoghurt yang dipilih ialah yoghurt bebas gula. Karena yoghurt bebas gula memiliki efek probiotik yang bisa membantu perkembangan bakteri baik di mulut kita.

Keyakinan ini juga didukung oleh penelitian ilmiah. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005, misalnya, menemukan bahwa peserta yang mengonsmsi yogurt bebas gula selama enam minggu menunjukkan penurunan kadar senyawa sulfida yang mudah menguap serta indeks plak dan gingiva.

7.         Buah tinggi vitamin c

Deretan Makanan Yang Bisa Atasi Bau Mulut

Buah buahan seperti stoberi, jeruk, melon, dan anggur yang kaya akan vitamin c sangat baik untuk mengatasi bau mulut.

Alasannya ialah karena vitamin c sangat kuat dan menciptakan lingkungan yang buruk bagi pertumbuhan bakteri.

Beberapa buah yang tinggi vitamin C juga memiliki kandungan air yang tinggi, yang tentunya dapat membantu mulut tetap terhidrasi dan menjauhkan bakteri dari lingkungan tersebut.

Mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu melawan penyakit gusi dan radang gusi, yang juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Itu dia makanan makanan yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu mengatasi bau mulut. Selain itu, penting juga untuk menjaga Kesehatan mulut dan gigi seperti rutin menggosok gigi dan penuhi asupan air harian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *